home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Cukup Istirahat Tapi Sering Merasa Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya

Jumat, 22 Januari 2016 15:52 by fzhchyn | 2376 hits
Sudah Cukup Istirahat Tapi Sering Merasa Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Aktivitas yang berlebihan memang bisa membuat tubuh mudah lelah dan lemas. Dan untuk mengembalikan energi agar bisa beraktivitas secara normal dengan kondisi yang lebih fit, beristirahat atau tidur biasanya memiliki dampak yang efektif.

Tapi Dreamers, pernahkah kamu merasa tubuh sangat lelah meskipun aktivitas yang dijalani tidak terlalu berat atau banyak? Ternyata selain aktivitas berlebih, ada penyebab lain yang membuat tubuh cepat merasa lelah. Seperti dilansir laman Health, berikut adalah diantaranya.

1. Kurang minum air putih

Seperi yang sudah diketahui, asupan cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Nah jika tubuh kita kekurangan cairan alias dehidrasi, maka tubuh akan mengambil cadangan air dari darah sehingga darah menjadi kental dan lambat dalam mengangkut oksigen ke otak.

Sebaliknya, jika tubuh mendapat cukup cairan, makadarah yang dipompa jantung lebih encer, sehingga oksigen dan nutrisi yang diangkut ke otak akan lebih banyak sehingga otak pun terasa lebih segar dan fokus.

2. Kurang zat besi

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Kurangnya zat besi bisa berakibat pada tubuh lesu, mudah marah, tidak fokus, dan kekurangan darah atau anemia. Jika sel darah merah kurang zat besi, ia akan melemah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, terutama otak yang sangat membutuhkan oksigen. Maka perbanyaklah mengkonsumsi kacang merah, telur, dan sayuran hijau.

3. Tidak sarapan

Sebelum memulai aktivitas sehari-hari, tubuh harus mendapatkan asupan energi yang didapat melalui sarapan di pagi hari. Jika melewatkan sarapan, maka tubuh tidak akan mendapat asupan energi dan badan akan menjadi lemah.

4. Minuman berkafein tinggi

Jika tidak ingin merasa lelah, maka hindari mengkonsumsi kafein yang berlebihan saat malam hari. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kesulitan tidur sehingga keesokan harinya tubuh akan merasa lelah sepanjang hari.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)