home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ganggu Kesehatan, Jangan Buat Sistem Pencernaan Bekerja Lebih dengan Cara Ini

Selasa, 10 November 2015 17:00 by fzhchyn | 1406 hits
Ganggu Kesehatan, Jangan Buat Sistem Pencernaan Bekerja Lebih dengan Cara Ini
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh asupan makanan. Nah dari sana, maka beban terberat tubuh terdapat pada sistem pencernaan. Meringankan beban pencernaan tentu akan membantu menjaga kesehatan. Untuk melakukannya pun dapat dilakukan dengan mudah kok.

Mengutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, karya Andang Widhawari Gunawan seorang ahli terapi nutrisi, berikut beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kerja sistem pencernaan.

1. Minum air putih hangat saat bangun tidur

Dianjurkan untuk minum air putih saat bangun tidur. Airbisa dicampur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan. Setelah itu lakukan olahraga ringan secara teratur, misalnya senam pernapasan, jalan kaki, atau lompat tali.

2. Perhatikan Porsi Makan

Lebih baik makan 3 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil, daripada 1 kali tapi dalam porsi berlebihan. Sangat penting untuk mempertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung. Jangan berlebihan sehingga membuat pencernaan bekerja lebih keras.

3. Sarapan Pagi

Baca juga: Minum Air Setelah Makan Justru Dapat Menyebabkan Obesitas?

Biasakan makan pagi walaupun hanya dengan sepotong buah atau segelas jus buah segar. Sarapan lengkap 4 sehat 5 sempurna tidak cocok dengan siklus tubuh di pagi hari. Terlalu banyak makan makanan padat akan menguras habis energi tubuh. Akibatnya, tubuh akan cepat lesu dan mengantuk sepanjang pagi.

4. Jangan menahan lapar

Sebaiknya hindari kebiasaan menahan lapar, hanya karena bukan saat jam makan. Makanlah camilan bergizi, seperti buah-buahan untuk mengganjal rasa lapar sebelum waktu makan (besar) tiba. Ingat untuk tidak ngemil makanan yang kurang sehat seperti keripik.

5. Jangan banyak minum saat makan

Sebaiknya minum segelas jus sayur segar 15 menit sebelum makan dan air putih 1 jam sesudah makan. Hal ini dapat membantu pencernaan lebih lancar dan hindari untuk terlalu banyak minum selagi makan karena akan mengganggu pencernaan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Beragam tempat makan yang Instagram able satu per satu bermunculan untuk menarik para pecinta kuliner sekaligus kamu yang hobi berfoto. Salah satunya kafe yang menyuguhkan menu utama donat, Malddong Donut Dessert Town....
  • HOT !
    Tas rancangan V BTS yang diberi nama ‘Mute Boston Bag’ telah menjadi hot item di kalangan fans. Segera setelah pemesanan dibuka pada 11 Januari kemarin, tas ini langsung terjual habis dalam hitungan detik....
  • HOT !
    Kesamaan dalam hal berpakaian sudah lazim terjadi di antara selebriti Korea. Seperti aktor Jang Dong Yoon dan Jaehyun NCT tampil menawan dengan gaya busana kembar dalam kesempatan berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)