home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudahnya Mengecek Kehalalan Produk Makanan Korea yang Beredar di Indonesia

Selasa, 20 Oktober 2015 18:59 by fzhchyn | 6093 hits
Mudahnya Mengecek Kehalalan Produk Makanan Korea yang Beredar di Indonesia
Image source: detik.com

DREAMERSRADIO.COM - Sejumlah perusahaan makanan dan obat dari Korea ikut memamerkan produk halal mereka di K-Food Fair yang digelar di Hotel Mulia, Senayan. Hal ini merupakan usaha mereka untuk mendapatkan sertifikat halal dari kedua lembaga yang berwenang di Indonesia.

Upaya ini pun disambut baik Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Bahkan pihak MUI telah bekerjasama dengan Korea Muslim Federation (KMF) dengan membuka sebuah kantor representatif di negara tersebut.

"Perusahaan Korea kalau mau mengajukan pendaftaran bisa ke kantor representatif itu dulu. Tapi kalau yang mau perpanjang harus ke kantor pusat yang ada di Jakarta," ungkap Lia Amalia, Director of Division Socialization and Promotion LPPOM MUI.

Beberapa perusahaan yang sudah yakin dijamin kehalalannya antara lain sari buah Harangfarm, Kwak Chun Gen. Kemudian ada perusahaan Kimchi yang diproduksi Chongga, buah-buahan segar dari Evergood dan beras instan dari Young Poong. Sedangkan dari obat-obatan terdapat perusahaan Dae Dong Korea Ginseng.

"Sementara ini kami akan menjual produk premium, dan tidak akan mengadopsi makanan-makanan Korea yang sudah beredar di Indonesia," imbuh Jae Su Kim, Presiden aT, Korea Agro Fisheries and Food Trade Corporation.

Lia juga menjelaskan untuk konsumen yang ingin mengecek halal tidaknya makan Korea yang beredar di pusat perbelanjaan dapat melakukan berbagai cara. Pertama dengan mengecek merek makanan atau nama perusahaan makanan di halalmui.org

Selanjutnya, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan perangkat ponsel pintar, android dan blackberry. "Download dulu aplikasi pro halal, lalu scan saja barcode di bungkus makanan korea yang Anda ingin beli," tutur Lia pada Jumat, 16 Oktober 2015.

Sedangkan bagi pengguna Telkomsel dan Indosat, mereka juga dapat segera mengetahui kehalalan makanan Korea dengan mengirim SMS ke 9855.

"Ketik nama merek makanannya, nanti akan langsung mendapat balasan halal tidaknya," pungkas Lia.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Seoul menjadi salah satu kota pilihan para turis untuk berwisata. Salah satu tempat wisata populernya adalah Namsan atau Gunung Nam. Namsan menawarkan panorama pusat kota Seoul yang menawan....
  • HOT !
    Sudah tidak asing apabila idola K Pop menggunakan baju yang sama. Meski demikian, masing masing idol memiliki style tersendiri yang membuat penampilan mereka berbeda. Seperti Rose BLACKPINK dan Mina TWICE. ...
  • HOT !
    Fashion memiliki peran penting bagi seorang idola K Pop untuk selalu tampil memukau. Melansir laman Koreaboo, Lisa BLACKPINK dan Selena Gomez kedapatan mengenakan outfit dari brand yang sama dalam kesempatan yang berbeda, lebih dari satu kali....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)