home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Anggap Enteng! 6 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Alergi

Selasa, 20 Oktober 2015 17:57 by fzhchyn | 1502 hits
Jangan Anggap Enteng! 6 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Alergi
Image source: vitacoast.c

DREAMERSRADIO.COM - Banyak hal yang dapat jadi pemicu reaksi alergi. Beberapa dari pemicunya bahkan sangat dekat dengan lingkungan hidup kita dan tidak terlihat berbahaya. Tetapi, kamu jangan tertipu dengan kepolosan mereka, karena 6 hal kecil ini, bisa jadi penyebab alergi yang bahkan juga memiliki efek mematikan.

1. Serbuk sari

Serbuk sari dari rumput, pohon, dan gulma dapat memicu demam atau alergi musiman. Saat terserang alergi, kamu akan mengalami bersin, hidung meler, hidung tersumbat dan gatal, serta mata berair.

Kamu dapat mengatasinya dengan resep obat, ataupun suntikan alergi. Untuk mengatasi gejalanya, usahakan untuk tetap tinggal dalam rumah saat cuaca sedang berangin saat serbuk sari bebas berterbangan.

2. Dander hewan

Dander adalah istilah yang digunakan untuk beberapa material kotor dari tubuh hewan. Sebuah reaksi protein dalam air liur hewan atau kelenjar minyak di kulit biasanya mulai muncul setelah dua tahun kamu memeliharanya.

Tetapi jangan khawatir, karena kamu masih bisa memeliharanya. Solusinya, kamu harus rela kamar kamu tidak didatangi oleh peliharaan kamu. Selain itu usahakan untuk memilih karpet yang tidak berbulu, dan memandikan peliharaan kamu secra teratur.

3. Sengatan serangga

Sebuah sengatan atau gigitan serangga dapat menyebabkan kulit bengkak dan merah. Kondisi tersebut bahkan bisa bertahan hingga lebih seminggu. Dalam kondisi tertentu, sengatan serangga bisa membuat sakit perut, lelah bahkan demam. Walaupun jarang terjadi, sengatan serangga bisa mengancam keselamatan jiwa seseorang yang disebut dengan anafilaksis.

Baca juga: Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Alergi Terhadap Skin Care dan Makeup

Jika mengalami alergi yang parah, kamu membutuhkan epinephrine segera mungkin. Epinephrine adalah obat yang digunakan untuk penyuntikkan pembuluh darah dalam pengobatan hipersensitivitas akut. Jika mengonsultasikannya ke dokter, ada kemungkinan dokter akan merekomendasikan suntikan alergi untuk mengatasi reaksi yang muncul.

4. Lateks

Sarung tangan lateks dan beberapa perlengkapan medis dari bahan lateks lainnya bisa memicu reaksi mulai dari gatal, kulit merah untuk anafilakis dengan kesulitan bernapas. Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Gejala yang muncul biasanya berupa ruam kulit atau gatal-gatal, iritasi mata, hidung meler, hidung gatal dan bersin.

5. Makanan

Susu, kerang, telur, kacang-kacangan adalah makanan yang paling sering menjadi penyebab alergi. Bagi kamu yang alergi terhadap makanan tersebut, reaksi akan muncul dengan cepat sesaat setelah kamu mengonsumsinya.

Gejala yang dimunculkan seperti kesulitan bernapas, gatal-gatal, muntah, diare dan pembengkakan sekitar mulut. Jika kamu mengalami reaksi yang parah, kamu membutuhkan suntikan epinefrin.

6. Obat

Penicilin, aspirin, dan beberapa obat lainnya dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit, gatal pada mata, hidung tersumbat, bengkak di wajah, mulut, dan tenggorokan.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)