home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Masalah Pernapasan, Kabut Asap Juga Bisa Ganggu Kesehatan Mata

Jumat, 02 Oktober 2015 19:16 by fzhchyn | 1530 hits
Tak Hanya Masalah Pernapasan, Kabut Asap Juga Bisa Ganggu Kesehatan Mata
Image source: viva.co.id

DREAMERSRADIO.COM - Bencana kabut asap yang melanda beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan belum juga dapat ditangani secata tuntas. Dan kini sejumlah ahli medis semakin mengkhawatirkan dampaknya bagi masyarakat setempat.

Salah satu dampak nyata dari kabut asap ini adalah banyaknya warga yang mulai terkena masalah pernapasan atau ISPA. Tapi selain itu, masalah lainnya yang tidak kalah berisiko adalah kesehatan mata.

Menurut sebuah penelitian, asap kebakaran hutan yang mengandung senyawa jahat, dapat menyebabkan ketidakstabilan air mata," kata Diah Farida, dokter mata RSUP Persahabatan Jakarta pada Jumat (2/10), melansir laman CNN.

Air yang diproduksi oleh kelenjar air mata manusia sangat penting bagi tubuh. “Air mata itu mengandung antibodi dan lubrikasi yang bisa mempengaruhi imunitas dan kestabilan tubuh manusia,” kata Diah.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

Jika mata terus menerus terkena asap kebakaran hutan, kerusakan mata bisa terjadi dimulai dari kelenjar air mata ini. Kelenjar air mata akan terus menerus dipaksa untuk berproduksi untuk menjaga kelembaban mata hingga mengalami kerusakan.

"Gejalanya tuh bisa berupa mata kering, gatal-gatal, panas dan iritasi," ucapnya.

Untuk pencegahan, Diah menyarankan untuk memakai google glass atau kacamata untuk berenang dan meneteskan air mata buatan agar mata tidak kering.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)