home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konsumsi Makanan Ini Usai Menyantap Terlalu Banyak Olahan Daging Merah

Jumat, 25 September 2015 12:20 by fzhchyn | 9914 hits
Konsumsi Makanan Ini Usai Menyantap Terlalu Banyak Olahan Daging Merah
Image source: kulinermeda

DREAMERSRADIO.COM - Saat Idul Adha, menyantap daging kambing atau sapi memang menjadi hal yang tak terpisahkan. Dan biasanya, porsinya pun menjadi lebih banyak dibandingkan hari biasa. Tapi seperti diketahui, menyantap terlalu banyak daging merah tidak baik untuk kesehatan.

Salah satu yang menjadi perhatian saat menyantap daging merah berlebih adalah naiknya kadar kolesterol. Untuk itu, kita perlu menyantap makanan lain yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Berikut adalah beberapa diantara seperti dilansir laman Prevention.

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung zat yang disebut beta-glucan yang mampu menyerap LDL atau kolesterol jahat yang didapat dari menyantap daging merah lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

2. Alpukat

Alpukat dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Hal itu karena buah ini mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

3. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.

Baca juga: Jangan Minum Teh Saat Makan Daging Merah, Apa Alasannya?

4. Apel

Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu apel sehari (atau lebih) dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.

5. Teh hijau

Teh hijau memberikan tubuh kita perasaan hangat, santai, dan juga kaya antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Kedelai

Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang Anda konsumsi.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh - tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

Komentar
  • HOT !
    Setiap tahunnya selalu ada tren baru di dunia kecantikan, dimulai dari skincare dan juga make up yang semakin trendy dan wajib untuk dicoba. Tidak hanya untuk urusan wajah, namun juga perawatan tubuh....
  • HOT !
    Kimchi Jjigae merupakan salah satu hidangan favorit yang disantap sebagai makanan sehari hari oleh warga Korea Selatan. Hidangan berkuah ini juga dinikmati oleh banyak turis internasional, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    Setelah dikulik, ternyata banyak peristiwa membanggakan yang terkumpul untuk Tanah Air sepanjang tahun 2021 lho, Dreamers! Terlebih, prestasi yang ditorehkan pun berskala internasional. Apa saja momen momen menyenangkan tersebut yang datang dari atlet kebanggaan kita?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)