home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cari Tahu Dampak Buruk yang Dialami Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Selasa, 01 September 2015 19:43 by fzhchyn | 10700 hits
Cari Tahu Dampak Buruk yang Dialami Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C
Image source: peacefulwar

DREAMERSRADIO.COM - Vitamin C adalah jenis vitamin yang dalam air dan dapat banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Vitamin C ini memberikan peran yang penting dalam pembentukan kolagen dan juga berfungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengingat manfaatnya yang snagat banyak bagi kesehatan tubuh, komsumsi vitamin C setiap hari tentu sangat penting. Tapi jika terlalu banyak dan tidak sesuai aturan, vitamin C ini justru bisa menjadi racun bagi tubuh.

Melansir laman Live Strong, berikut adalah beberapa masalah yang didapat jika mengkonsumsi vitamin C berlebihan.

1. Overdosis

Setiap vitamin dan asupan nutrisi memiliki batas atas toleransi, yaitu jumlah maksimum yang bisa dikonsumsi setiap hari tanpa mengalami efek sakit. The Merck Manuals Online Medical Library, batas atas toleransi vitamin C adalah 2000 miligram atau 2 gram per hari. Lebih dari itu akan dianggap sebagai overdosis.

2. Masalah pencernaan

Baca juga: Hati-hati, Ini Efek Samping Jika Konsumsi Vitamin C Melebihi Dosis

Efek samping yang umum dari kelebihan mengkonsumsi vitamin C adalah masalah pencernaan. Jika asupan lebih dari dosis yang dianjurkan, saluran pencernaan akan mengalam iritasi dan menyebabkan diare.

Selain rasa tidak nyaman di perut, diare atau muntah dalam jangka waktu yang panjang juga bis amenyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan mengurangi tekanan darah.

3. Batu ginjal

Vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi zat yang disebut oksalat. Beberapa oksalat akan dikeluarkan melalui urin, namun jika tingkat oksalat tinggi akan menyebabkan pembentukan deposit yang dikenal sebagai batu binjal.

4. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah suatu kondisi yang yang disebabkan oleh kelebihan zat besi dalam tubuh. kondisi ini umumny apaling sering mempengaruhi hati, jantung, dan pankreas. Nah vitamin C dalam tubuh ini dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Meskipun kelebihan vitamin C tidak menyebabkan hemokromatosis, manun itu dapat memperburuk kondisi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)