home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur? Simak Dulu Bahaya Kesehatannya

Senin, 22 Juni 2015 15:00 by fzhchyn | 3712 hits
Punya Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur? Simak Dulu Bahaya Kesehatannya
Image source: petmaya.com

DREAMERSRADIO.COM - Waktu sahur memang dilaksanakan di jam-jam yang kebanyakan orang masih tertidur pulas. Namun jika melewatkan sahur karena terlalu mengantuk juga tidak baik karena bisa saja mengganggu puasa yang dijalankan.

Dan karena harus bangun beberapa jam lebih awal dari biasanya saat sahur, banyak orang akan mengantuk setelah makan dan ingin kembali ke tempat tidur. Kebiasaan tersebut pun diangap wajar karena waktu tidur selama ramadhan berkurang.

Namun, ada bahaya kesehatan yang mengintai jika kebiasaan langsung tidur setelah tidur ini terus dijalnkan lho Dreamers!

Idealnya tidur dua jam setelah makan sahur," ujar Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dokter dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo kepada CNN Indonesia.

Nah berikut adalah beberapa bahayanya langsung tidur setelah makan sahur menurut dr. Ari.

1. Membahayakan sistem pencernaan

Posisi berbaring bisa membuat makanan yang baru saja masuk ke lambung akan berbalik arah menuju atas, tenggorakan dan mulut, menyebabkan kondisi yang dikenal dengan refluks esofagus, yaitu kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus (saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut).

"Karena ada gaya gravitasi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Selain itu, tentu saja ada asam lambung yang terbawa oleh makanan tersebut," ujar dr Ari.

Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit mag atau tungkak lambung.

2. Peradangan sampai kanker

Dalam kondisi yang parah, asam lambung yang berbalik arah juga bisa mencapai saluran pernapasan, menyebabkan inflamasi (peradangan), kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring (kotak suara). Kondisi ini dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD bisa menyebabkan berbagai komplikasi, mulai dari kanker kerongkongan hingga kematian. Lalu dr Ari pun menyarankan beberapa cara 'tidur sehat' setelah sahur yang tidak membahayakan sistem pencernaan. "Tidur pakai bantal yang tinggi, jadi makanan yang sudah masuk tidak naik lagi," katanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)