home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudah Marah Bikin Tubuh Gampang Terserang Penyakit Lho!

Sabtu, 09 Mei 2015 13:19 by fzhchyn | 1588 hits
Mudah Marah Bikin Tubuh Gampang Terserang Penyakit Lho!
Image source: huffingtonp

DREAMERSRADIO.COM - Marah merupakan ekspresi emosi yang wajar dikeluarkan oleh setiap orang, tapi terlalu sering marah juga bukan hal yang baik. Setiap orang memiliki sifatnya masing-masing, ada yang gampang marah ada juga yang tidak.

Kemarahan ini ternyata bisa mempengaruhi kesehatan fisik seseorang lho! Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa orang tidak bis amengontrol amarahnya cederung lebih sering sakit. Mereka juga memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Dalam Journal of the National Medical Association terdapat sebuah temuan bahwa orang-orang yang mengekspresikan amarah secara negatif, sembilan persen lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung. Selain itu kemarahan juga terkait dengan timbulnya penyakit koroner dan tekanan darah tinggi.

Yang perlu dilakukan sekarang adalah mengendalikan amarah ketika emosi meningkat. Melansir CNN Indonesia, berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan saat sedang marah.

1. Mengatur pernapasan

Saat dalam keadaan marah, ambil napas dalam-dalam lalu hembuskan. Lakukan hal ini selam 2-3 menit untuk membuat tenang dan tidak melampiaskan kemarah dengan cara yang tidak baik.

2. Relaksasi otot

Baca juga: Gangguan Kecemasan Jadi Salah Satu Faktor Orang Mudah Marah

Saat mara, otot tubuh akan terasa kencang dan tegang. Jadi buatlah otot-otot tersebut kembali santai dengan melepaskan kepalan tinju dan turunkan bahu yang disertai dengan menarik napas panjang.

3. Menulis

Setelah melakukan kedua hal sebelumnya, tubuh akan sedikit rileks. Dan agar lebih tenang, kamu bisa menulis. Tapi bukan menulis kata-kata kasar yang ak bisa diucapkan saat marah, melainkan menulis alasan mengapa kamu marah. Hal ini dilakukan agar emosi dapat dikeluarkan dari tubuh dan pikiran.

4. Mencari konteks

Berpikirlah secara rasional tentang apa yang membuatmu marah. Dengan memeriksa kemarahan, kamu bisa melepaskan diri dari belenggu amarah. Kamu juga akan mampu menangani kemarahan tanpa mengizinkannya mengendalikamu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)