home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Baru Mulai Nge-Gym? Ini Dia Istilah yang Perlu Kamu Ketahui

Senin, 04 Mei 2015 09:47 by fzhchyn | 6409 hits
Baru Mulai Nge-Gym? Ini Dia Istilah yang Perlu Kamu Ketahui
Image source: popsugar.co

DREAMERSRADIO.COM - Saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih berolahraga di pusat kebugaran atau yang biasa dikenal tempat gym. Ketimbang berolahraga di luar ruangan, sebagian orang lebih memilih untuk berlatih di tempat ini karena fleksibilitas waktu.

Meski harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit, namun bagi sebagian orang berlatih di tempat gym adalah pilihan yang terbaik. Selain nyaman, mereka juga mendapat arahan dari pelatih profesional. Dan tak hanya terbatas bagi kaum pria, kini wanita pun sudah banyak yang mengunjungi tempat gym untuk mendapat tubuh yang ideal.

Nah bagi kamu yang baru ingin mencoba berlatih di tempat gym, ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui nih Dreamers.

1. Alat Free Weight

Alat beban yang mudah dilepas dan dipasang. Kamu bisa bergerak tanpa hambatan sehingga ruang gerak lebih luas. Contoh alat ini adalah dumbbell dan barbel (semacam besi panjang sekitar 1 – 2 meter yang di kedua ujungnya diberi beban lempeng besi).

2. Alat Mesin

Alat seperti ada dua macam yaitu dengan menggunakan pin (semacam besi panjang digunakan untuk menentukan berat beban Anda) dan dengan menggunakan plate (piringan atau lempengan beban). Alat ini memudahkan pemula melakukan latihan dengan baik.

3. Kontraksi

Kontraksi adalah mengaktifkan fungsi otot atau serat otot. Tipe kontraksi ada dua, yaitu konsentrik atau memendekkan otot ketika melakukan gerakan mengangkat beban selama latihan (contoh, mengangkat dumbbell ketika biceps curl).

Baca juga: Bak Tempat Gym, Penampakan Asrama Monsta X Sukses Jadi Perbincangan Netizen

Lalu ada kksentrik yaitu memanjangkan otot ketika melakukan gerakan menurunkan beban selama latihan (misalnya, menurunkan dumbbell ketika biceps curl). Saat kamu memendekkan otot, usahakan untuk fokus dan merasakan otot yang berkontraksi dengan maksimal.

4. Grip

Grip atau pegangan atau kontrol. Biasanya merujuk pada penempatan tangan saat memegang bar (batang) pada barbel atau dumbbell. Tipe grip ada tiga yaitu Neutral grip (telapak tangan saling berhadapan), Pronated grip (telapak tangan menghadap ke bawah atau belakang. Juga biasa disebut overhand grip), dan Supinated grip (telapak tangan menghadap ke depan atau ke atas. Juga disebut reverse grip atau underhand grip)

5. Superset

Melengkapi latihan dengan satu kelompok otot besar, lalu diikuti dengan melatih kelompok otot “lawannya” dengan jeda sebentar atau malah tanpa jeda sama sekali. Misalnya, latihan otot punggung dengan otot perut.

6. Set dan Repetisi

Repetisi adalah pengulangan gerakan dalam satu bentuk latihan. Contoh, satu kali Anda mengangkat dan menurunkan dumbbell dalam gerakan biceps curl disebut satu repetisi. Sedangkan set adalah jumlah keseluruhan repetisi tersebut. Misalnya dalam satu set Anda melakukan 12 repetisi.

Semoga bermanfaat bagi kamu yang baru mulai nge-gym ya Dreamers ^^

(fzh/womenshealth)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini rumah hantu bertemakan ‘Rumah Sandekala’ menjadi salah satu wahana rumah hantu yang menjadi perbincangan dikalangan penggemar horor, khususnya penggemar Jurnal Risa. Wahana ini dibentuk atas kerjasama antara Risa Saraswati dengan Otello Asia, selaku promotor....
  • HOT !
    Las Vegas berubah menjadi Borahaegas melalui proyek ‘The City’ yang digagas HYBE. Kedatangan mereka untuk konser ‘PERMISSION TO DANCE ON STAGE – LAS VEGAS’ selama dua pekan terakhir, diiringi dengan berbagai event menarik di kota tersebut....
  • HOT !
    Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan saat siang hari meskipun kalian berada didalam atau diluar ruangan. Hal ini dilakukan untuk melindungi dan juga menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)