home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Diabetes, Makanan Manis Juga Buat Kulit Keriput dan Berjerawat!

Sabtu, 28 Maret 2015 14:59 by fzhchyn | 2091 hits
Tak Hanya Diabetes, Makanan Manis Juga Buat Kulit Keriput dan Berjerawat!
popsugar.com

DREAMERSRADIO.COM - Mengkonsumsi makanan yang manis biasanya identik dengan penyakit diabetes atau obesitas. Namun selain penyakit tersebut, efek mengkonsumsi gula juga bisa membuat kulit kusam dan berkerut!

Dilansir CNN Indonesia, saat seseorang mengkonsumsi gula atau makanan dengan indeks glisemik yang tinggi, makanan tersebut akan dikonversi menjadi glukosa dengan cepat yang kemudian meningkatkan kadar insulin. Kenaikan insulin dalam tubuh inilah yang menyebabkan peradangan sehingga terjadi masalah seperti berikut:

1. Jerawat

Gula menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan ini adalah salah satu cara utama merusak kulit. Peningkatan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat sederhana seperti gula dan roti akan menghasilkan peradangan. Peradangan menyebabkan jerawat pada kulit. Jadi kurangi asupan gula halus dan gula tambahan termasuk gula putih, gula merah, sirup jagung fruktosa tinggi, sirup agave, dan lain-lain.

2. Keriput

Sifat inflamasi gula tidak hanya menyebabkan jerawat, tetapi juga mengakibatkan keriput. Gula menyerang kolagen yang sehat pada kulit. Padahal salah satu fungsi kolagen adalah membuat kulit bebas kerut. Pada tingkat sel, gula mengonsumsi kolagen yang sehat ini, membuat kulit terlihat kusam dan kering. Keriput dapat terjadi ketika stok kolagen habis.

Baca juga: Masuk Daftar 'Dessert' Terenak di Dunia, Cendol Justru Diklaim Dari Singapura!

3. Ketidakseimbangan gula darah

Gula dalam bentuk apapun dapat mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Bila seseorang mengonsumsi makanan manis, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat. Tak lama, ketika insulin dilepaskan ke dalam sel, kadar gula darah akan turun. Penurunan drastis gula darah ini akan menciptakan stres internal dalam tubuh, yang menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

4. Kerusakan akibat radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menghasilkan penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan manis dan diet tinggi gula menciptakan radikal bebas dalam tubuh.

5. Dehidrasi

Gula menghisap air dari sel-sel tubuh, sehingga jika mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, kulit akan mengalami dehidrasi kekeringan, bengkak dan yang paling ditakuti adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Komentar
  • HOT !
    Gaya fashion underboob saat ini tengah menjadi tren di kalangan selebriti dunia. Beberapa artis wanita Korea pun tak ketinggalan mengikuti tren fashion yang cukup seksi ini....
  • HOT !
    Berbicara tentang skincare pasti tidak akan ada habisnya, setiap orang memiliki kepercayaan dan keyakinan sendiri dalam merawat kulit wajah yang tentunya disesuaikan dengan kondiri....
  • HOT !
    Taman hiburan Everland Korea akan menyelenggarakan pertunjukan multimedia, yang menampilkan BTS di panggung terbuka. Pemutaran acara untuk Over the Universe sudah dimulai pada 18 Maret dan akan tayang hingga 28 Agustus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)