home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Kanker Kulit dengan Kenali Gejalanya

Selasa, 03 Februari 2015 19:13 by fzhchyn | 3416 hits
Cegah Kanker Kulit dengan Kenali Gejalanya
small-tips.info

DREAMERSRADIO.COM - Kanker kulit adalah salah satu kanker mematikan yang disebabkan karena kulit sering terpapar sinar matahari dan juga dapat disebabkan oleh karsinogen tertentu. Ada tiga jenis kanker kulit, yaitu melanoma, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Seperti pepatah lama mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, mencegah terjadinya kanker kulit dapat dilakukan dengan mengenali gejala-gejala dan tanda-tandanya, seperti yang dikutip dari magforwomen berikut ini.

1. Asimetri

Jika di tubuh terdapat tahi lalat atau titik hitam namun tidak simetris atau bentuknya tidak seperti tahi lalat pada umumnya, maka harus segera diperiksakan. Untuk mengetahui apakah tahi lalat tersebut simetris atau tidak dapat dilakukan dengan menggambar garis lurus yang membelah tahi lalat tersebut lalu lihat apakah kedua belah tersebut memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

2. Pinggiran

Jika pada tahi lalat atau titik hitam memiliki pinggiran yang tidak halus, tapi bergerigi, kasar, dan tidak beraturan, maka harus diwaspadai sebagai tanda kanker kulit.

3. Warna

Baca juga: Peneliti Asal Perancis Temukan Benang Operasi yang Terbuat Dari Kulit Manusia

Adanya beberapa titik pada kulit namun memiliki banyak warna seperti biru, coklat, merah, dan hitam harus diwaspadai sebagai gejla terjadinya kanker kulit.

4. Diameter

Jika melihat ada tahi lalat atau bintik hitamyang mencurigakan tumbuh di kulit, perhatikan setiap harinya apakah ada perubahan ukuran dan semakin membesar. Tahi lalat yang tetap tumbuh selamam berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah dewasa dapat menjadi tanda kanker kulit.

5. Tahi lalat

Perbedaan a apun yang terjadi pada tahi lalat, baik warna, ukuran, atau bahkan mulai berdarah, bahkan menjadi bersisik dan benjol, harus segera diperiksakan.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)