home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hiii, Berbagai Kebiasaan Ini Bisa Rusak Ginjal!

Selasa, 13 Januari 2015 17:00 by citra09 | 5110 hits
Hiii, Berbagai Kebiasaan Ini Bisa Rusak Ginjal!
Image source: popsugar.co

DREAMERSRADIO.COM - Tahukah kamu bahwa ada kebiasaan tertentu yang bisa merusak ginjal? Ginjal tentu sangat penting untuk menjaga sistem dan proses dalam tubuh, seperti membantu buang air kecil, menyaring darah, memproduksi beberapa jenis hormon dan mereka juga membantu menyerap beberapa jenis mineral yang bisa membantu kita untuk tetap hidup.

Kerusakan pada ginjal mungkin memang tak dirasakan pada awalnya, dan baru akan ketahuan jika kondisi kita sudah benar-benar parah. Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa merusak ginjal. Dikutip dari Boldsky, ini dia di antaranya:

1. Terlalu banyak alkohol
Ini adalah salah satu kebiasaan yang paling umum yang merusak ginjal. Kamu harus berpikir bahwa hati adalah satu-satunya organ yang dipertaruhkan, tapi pada kenyataannya, ginjal akan terpengaruh karena kebiasaan minum alkoholmu.

2. Merokok
Salah satu kebiasaan yang merusak ginjal adalah merokok. Lalu, bagaimana rokok mempengaruhi ginjal? Merokok akan mempengaruhi pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah ke berbagai organ. Ketika sirkulasi darah ke ginjal terganggu, fungsi ginjal cenderung terganggu.

3. Asupan air putih
Kebiasaan minum air putih atau air mineral juga penting. Apakah kamu minum cukup air untuk bisa membuang racun dari tubuh? Ketika racun menumpuk dalam darah, mereka mungkin akan menyakiti ginjal. Jika urin menunjukkan warna yang tidak sehat, maka kamu harus mengunjungi dokter. Warna urin akan menunjukkan seberapa sehat ginjalmu.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

4. Kurang aktivitas
Ketidak aktifan juga dapat mempengaruhi ginjal. Olahraga dengan teratur dapat mencegah masalah ginjal. Sebaliknya, jika kurang olahraga maka dapat menyebabkan masalah-masalah tertentu. Aktivitas fisik dan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko masalah ginjal hingga 30 persen.

5. Terlalu banyak kafein
Asupan kafein juga berperan dalam mengganggu ginjal. Ini adalah salah satu kebiasaan yang paling umum yang merusak ginjal. Kafein dalam bentuk apapun harus dikonsumsi hanya dalam jumlah kecil karena dapat mempengaruhi tekanan darah secara langsung. Setiap perubahan dalam tekanan darah yang tidak dapat ditoleransi oleh ginjal bisa berbahaya dalam jangka panjang.

6. Konsumsi obat penahan rasa sakit
Apakah kamu sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit? Kamu harus menyadari efek samping dari obat-obatan tertentu. Jika obat yang dikonsumsi tidak begitu baik untuk ginjal, lebih baik untuk menemukan alternatif lain.

7. Terlalu lelah
Jika kamu terlalu lelah pada titik tertentu dan tidak istirahat, maka hal ini akan berpengaruh pada kesehatan ginjalmu.

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)