home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Tips Hindari Bau Mulut Saat Puasa!

Jumat, 04 Juli 2014 16:59 by lenargh | 4579 hits
Simak Tips Hindari Bau Mulut Saat Puasa!
buzzgoo.net

DREAMERSRADIO.COM - Saat berpuasa, salah satu masalah mulut yang paling mengganggu adalah masalah bau mulut. Penyebabnya adalah asupan makan yang berkurang, terutama asupan air minum sehingga bakteri di mulut berkembang dan akhirnya menimbulkan bau mulut.

Baca juga: Cara Mudah Mengusir Bau Mulut yang Mengganggu

Tentunya hal ini akan sangat mengganggu bagi orang-orang yang pekerjaannya harus menghadapi atau berbicara dengan orang lain. Namun jangan khawatir, berikut adalah tips agar bau mulut tidak sampai terjadi saat bulan puasa!

1. Perhatikan kesehatan mulut.
Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari, yakni setelah makan sahur dan sebelum tidur. Hal ini harus dilakukan agar sisa-sisa makanan di dalam mulut dibersihkan dan tidak berubah menjadi bakteri.
 
Sela-sela gigi yang sulit dijangkau bisa menggunakan benang gigi (dental floss). Bagian lidah juga tidak boleh luput, harus disikat bersih. Penggunaan mouthwash terlalu sering kurang disarankan, namun jika ingin, pilihlah yang non alkohol.
 
2. Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat
Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat saat sahur dan berbuka seperti petai, jengkol, dan sebagainya. Atau setelah makan makanan dengan bau menyengat, bisa diakali dengan mengkonsumsi buah setelah makan. 
 
3. Perbanyak minum air putih
Tetap konsumsi 8 gelas air putih, yaitu pada saat sahur dan berbuka puasa. Air putih adalah komponen utama untuk menyimpan mineral sekaligus membersihkan bisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein karena dapat merusak gigi.
 
4. Konsumsi buah-buahan segar saat sahur dan berbuka
Konsumsi buah-buahan segar saat sahur dan berbuka, terutama yang kaya akan vitamin C dan serat. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Apel, jeruk, dan jambu adalah contoh buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin C. Bisa juga dengan mengkonsumsi makanan probiotik seperti yogurt.
 
5. Mulai hentikan kebiasaan buruk
Mulai hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Tidak hanya menyebabkan bau mulut, rokok dan alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gangguan mulut lainnya.
 
Selamat berpuasa, Dreamers!
 
[berbagai sumber]

Komentar
  • HOT !
    Memasuki bulan Desember pastinya identik dengan suasana Natal, dan menjadi momen yang paling dinantikan untuk umat kristiani. Di Korea Selatan sendiri telah memasuki musim dingin, masyarakat bahkan idol K Pop kerap tampil dengan outfit musim dingin yang menawan dengan warna warna ikonik....
  • HOT !
    Korea Selatan dikenal dengan kuil gunung dan biara bergengsi yang disebut Sansa. Dahulu masyarakat Korea percaya bahwa gunung mewujudkan energi suci yang mengatur negara, dan mengarah pada pembangunan kuil serta pagoda untuk berdoa bagi kemakmuran negara....
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)