home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak!

Rabu, 02 Juli 2014 16:08 by lenargh | 5211 hits
Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak!
fit-faqs.com

DREAMERSRADIO.COM - Biasanya saat berpuasa, orang-orang cenderung malas untuk berolahraga dengan alasan tidak adanya sumber energi yang datang dari makanan. Lagipula berolahraga saat puasa bisa membuat lemas dan haus sementara orang yang berpuasa tidak boleh minum dan makan. Lalu apa selama berpuasa kita harus bermalas-malasan?

Olahraga adalah hal yang sangat penting karena dengan olahraga, tubuh akan terasa lebih bugar, daya tahan tubuh akan terjaga, daya ingat semakin kuat, mengurangi stres, dan memperlancar peredaran darah. Olahraga juga bisa mengurangi resiko serangan jantung. Dalam kondisi apapun, olahraga harus tetap dilakukan dan sebaiknya tidak ditinggalkan. Namun waktu pelaksanaan, jenis olahraga, dosis, dan lamanya waktu olahraga perlu disesuaikan dengan kondisi puasa dan kondisi tubuh seseorang.
 
Olahraga saat berpuasa dapat dilakukan dengan intensitas 40-50% lebih sedikit dari jumlah olahraga yang dilakukan saat tidak berpuasa. Intensitas olahraganya pun harus ringan, sehingga tidak memberatkan bagi orang yang berpuasa. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan sebelum olahraga, lakukan peregangan untuk mencegah terjadinya cedera atau nyeri otot.
 
Lalu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa? Dokter spesialis gizi Saptawati Bardosono, seperti yang dikutip dari Kompas, berkata bahwa 30 sampai 60 menit menjelang waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Karena setelah olahraga, kita bisa langsung minum untuk mengganti cairan yang hilang. Energi yang menurun pun langsung tergantikan saat mengkonsumsi makanan yang manis, misalnya buah kurma.
 
Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga saat puasa. Jangan jadikan puasa untuk berdiam diri hingga waktu berbuka tiba. Kesehatan badan harus tetap terjaga. Semangat ya, Dreamers!

Baca juga: 4 Olahraga Ini Efektif Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)