home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Minuman yang Bertanggung Jawab Atas Kematian 1 Orang di Dunia Per-10 Detiknya

Sabtu, 22 Agustus 2015 11:24 by ningcil | 19191 hits
Ini Minuman yang Bertanggung Jawab Atas Kematian 1 Orang di Dunia Per-10 Detiknya
Image source: wellingtonw

DREAMERSRADIO.COM - Ditengah banyaknya orang yang mencoba gaya hidup sehat untuk melawan penyakit, tak sedikit juga diantaranya yang justru membahayakan diri dengan berbagai macam gaya hidup yang tak sehat, salah satunya dengan mengonsumsi minuman beralkohol.

Menurut laporan terbaru dari WHO, minuman alkohol bertanggung jawab atas jumlah kematian sebanyak 3,3 juta jiwa di seluruh dunia di tahun 2012, seperti dikutip dari Womans Health.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan alkohol tak hanya menyebabkan kecanduan, tetapi juga dapat menempatkan seseorang kepada resiko yang lebih tinggi yaitu dari 200 gangguan kesehatan seperti tuberkulosis dan pneumonia.

“Ini dapat diartikan menjadi satu kematian dalam setiap 10 detik,” ujae Shekhar Saxena, kepala bagian Kesehatan Mental dan Penyalahgunaan Zat WHO, seperti dilaporkan Global Post.

Menurut laporan tersebut rata-rata setiap orang di dunia yang berusia 15 tahun keatas meminum 6,2 liter alkohol murni pertahun. Namun menurut data, jumlah peminum alhokol hanya sekitar kurang dari separuh populasi dunia, yang artinya setiap orang rata-rata meminum 17 liter alkohol murni setiap tahunnya.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Kasus kematian yang disebabkan oleh alkohol kebanyakan datang dari kalangan pria, meski jumlah peminum dari kalangan wanita juga kian bertambah.

Eropa pun menjadi bagian dari dunia yang memiliki tingkat perkapita paling tinggi untuk konsumen alkohol selama 5 tahun belakangan. Sementara konsumsi alkohol di Afrika dan Amerika dalam jumlah stabil, di Asia Tenggara dan wilayah Pasifik Barat justru meningkat, seperti yang dilaporkan WHO.

Laporan menunjukkan bahwa sebanyak 16 persen peminum merupakan orang-orang yang kerap bergabung dalam pesta alkohol, situasi yang paling berbahaya dalam mengonsumsi alkohol.

Untuk menekan jumlah kematian akibat konsumsi alkohol, WHO pun memiliki target global untuk mengurangi 10 persen penyalahgunaan alkohol pada tahun 2025.

(ncl/womanshealth)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)