home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mitos Dibalik Ungkapan 'Belum 5 Detik' Pada Makanan yang Jatuh ke Lantai

Senin, 17 Maret 2014 11:03 by ningcil | 16966 hits
Mitos Dibalik Ungkapan 'Belum 5 Detik' Pada Makanan yang Jatuh ke Lantai
womanshealth.com

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, pasti banyak diantara kamu yang sudah tak asing lagi dengan kata-kata, “Ah belum 5 detik!”? Yap, kata-kata tersebut biasanya diungkapkan ketika makanan yang kamu pegang tak sengaja terjatuh ke lantai dan sayang untuk membuangnya karena baru jatuh sebentar saja dan tak ada banyak kuman yang menempel dalam waktu 5 detik.

Ternyata ungkapan tersebut tak hanya sekedar mitos lho! Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa ungkapan bahwa makanan yang baru jatuh di lantai tak lebih dari 5 detik masih aman untuk dimakan.

Dikutip Woman’s Health, sebuah studi yang dilakukan oleh Aston University, Inggris menemukan sebuah fakta baru mengenai alasan mengapa ada ungkapan 5 detik tersebut. Studi tersebut menyatakan bahwa makanan yang berada di lantai dalam waktu kurang dari 5 detik tak memiliki banyak bakteri yang menempel.

Dalam studi yang dilakukan, peneliti menjatuhkan makanan dalam tiga tipe lantai yang berbeda, yaitu karpet, lapisan kayu laminating, dan lantai keramik. Kemudian para peneliti pun memonitor perpindahan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus ke makanan tersebut.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Secara keseluruhan, bakteri-bakteri tersebut tak menempel ke makanan secara signifikan selam kurang dari 5 detik. Dengan kata lain, ungkapan mengenai ‘belum 5 detik’ ini memang cukup akurat. Namun tipe lantai yang dijatuhi makanan berperan penting dalam ungkapan ini.

Bakteri tak terlalu banyak menempel ketika makanan tersebut jatuh di permukaan karpet, namun di permukaan lantai kayu maupun keramik, jumlah bakteri yang menempel lebih banyak dari karpet.

So, keputusan untuk mau memungut kembali makanan yang telah jatuh kurang dari 5 detik atau tidak, tetap ada di tangan kamu nih Dreamers!

(ncl/woman’s health)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)