home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Kunyah Permen Karet Picu Sakit Kepala?

Selasa, 24 Desember 2013 10:35 by miko | 2461 hits
Benarkah Kunyah Permen Karet Picu Sakit Kepala?
dailymail.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Jika sebelumnya terdapat penelitian yang mengungkap bahwa mengunyah permen karet bisa membantu seseorang berpikir fokus dan dapat memperkuat rahang. Namun sebuah penelitian di Tel AvivUniversity justru melaporkan hal sebaliknya.

Dilansir dari The Atlantic, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatric Neurology tersebut mengungkapkan kalau terlalu banyak mengunyah permen karet bisa menyebabkan sakit kepala pada orang dewasa.

Hasil tersebut ditemukan peneliti setelah mengamati 30 orang dewasa yang memiliki sakit kepala kronis. Mereka pun mengaku sering mengunyah permen karet setiap hari. Kemudian partisipan di bagi menjadi beberapa kategori tergantung berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk mengunyah permen karet.

Mereka kemudian diminta untuk menghentikan kebiasaan mereka mengunyah permen karet. Sekitar 87 persen pasien menjelaskan kalau mereka tak lagi mengalami sakit kepala setelah menghentikan kebiasaan mengunyah permen karet.

Sedangkan 20 persen partisipan yang kembali melakukan kebiasaan mengunyah permen karet mengaku kembali merasakan sakit kepala. Lantas, apa yang menyebabkan sakit kepala saat mengunyah permen karet?

Peneliti pun berpendapat hal tersebut disebabkan kadar aspartame pada permen karet yang bisa menyebabkan sakit kepala. Sedangkan pendapat lain bahwa terlalu banyak mengunyah permen karet bisa memperberat kinerja persendian pada rahang sehingga memicu sakit kepala.

Penelitian ini masih tergolong kecil dan peneliti akan melakukan penelitian ulang dalam skala yang lebih besar untuk menunjukkan efek mengunyah permen karet secara jelas. Mengunyah permen karet aman-aman saja selama tidak berlebihan.

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan memiliki banyak hal menarik, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner hingga sejarah. Salah satu yang populer mungkin Namsan Tower, tapi apakah sudah pernah mendengar tentang kawasan Haebangchon?...
  • HOT !
    Hal yang tidak boleh dilupakan saat berlibur ke Korea Selatan adalah mengunjungi kafe kafe yang unik dan Instagramable nya. Setiap sudut kafe menawarkan keindahannya tersendiri termasuk sajian makanan dan minumannya....
  • HOT !
    Pada Rabu (15/9), Apple baru saja meluncurkan jajaran terbaru dari empat model sekaligus iPhone 13 yaitu versi Regular, Mini, Pro dan Pro Max, dalam acara yang digelar secara online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)