home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gampang Marah? Yuk Ikuti Tips Kendalikan Amarah!

Senin, 25 Februari 2013 11:53 by miko | 14384 hits
Gampang Marah? Yuk Ikuti Tips Kendalikan Amarah!
freestockphotos.biz

Jika tekanan darah kamu seakan naik ketika ada yang membantah perkataan kamu, maka artinya kamu merupakan orang yang pemarah. Jika tidak ingin dijauhi orang lain dan ingin selalu sehat maka sebaiknya kendalikan amarah kamu.

Kemarahan adalah bagian dari emosi yang terbilang normal, bahkan sehat. Tapi jika marah itu muncul secara belebihan itu tidak akan baik. Pasalnya kemarahan yang tidak terkontrol dapat membahayakan kesehatan dan hubungan kamu dengan orang lain.

Berikut cara mengendalikan marah yang meledak-ledak:

1. Buat waktu jeda
Sebelum kamu marah dan mengeluarkan kata-kata kasar, ada baiknya kamu buat waktu jeda dulu. Menghitung sampai 10 dapat membantu meredam emosi kamu. Jika masih tidak bisa, lebih baik segera menyingkir atau menjauh dari orang yang membuat kamu marah. Cara ini ampuh untuk mengendalikan emosi.

2. Ekspresikan kemarahan
Setelah kamu menahannya beberapa saat, luapkanlah emosi kamu di suatu benda. Mengekspresikan kemarahan dengan menggambar, teriak ditutup bantal, menangis, atau mendengarkan musik keras akan membuat kamu untuk lebih tenang.

Baca juga: Gangguan Kecemasan Jadi Salah Satu Faktor Orang Mudah Marah

3. Lakukan olah fisik
Saat kamu merasa akan marah, ada baiknya kamu luapkan dengan lakukan olah fisik. Pergi ke luar rumah dan lari secepat mungkin, atau pergi melakukan kegiatan fisik lainnya akan membantu menurunkan emosi kamu. Keringat yang keluar akan membuat perasaan lega.

4. Gunakan humor
Saat suasana mulai tegang, ada baiknya kamu memberikan lelucon namun tidak menyinggung. Humor atau lelucon ternyata bisa mendinginkan suasana yang mulai memanas. Jika tidak bisa bersikap humoris, kamu bisa menonton acara humor di televisi.

5. Lakukan relaksasi
Saat marah, ada baiknya kamu melakukan relaksasi untuk meregangkan otot-otot yang tegang. Caranya, tarik nafas dengan santai, mendengarkan musik lembut, pergi tidur, atau berbicara pada diri sendiri seperti jangan marah juga bisa membantu redam amarah kamu.

Itulah cara yang bisa digunakan untuk meredam amarah yang meledak-ledak. Yang terpenting dari semua itu adalah kamu harus bisa bersikap sabar dan tenang. Karena emosi hanya bisa dikendalikan jika kamu tenang.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)