home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Utara Pun Miliki Tablet Canggih

Selasa, 13 Agustus 2013 11:24 by miko | 2840 hits
Korea Utara Pun Miliki Tablet Canggih
pc world

DREAMERSRADIO.COM - Tak ingin ketinggalan dari musuh bebuyutannya, Korea Selatan yang sudah tak diragukan lagi dalam memproduksi smartphone dan tablet, bahkan menjadi raksasa. Kini Korea Utara pun telah memiliki pabrik tablet sendiri dan memiliki teknologi yang tak kalah canggih.

Meski dilihat sebagai negara yang diisolasi dan miskin, ternyata Korea Utara memiliki produk tablet sendiri. Hal ini dibuktikan ketika seorang turis menyempatkan diri berjalan-jalan ke negara komunis tersebut dan membungkus oleh-oleh berupa tablet dengan merek  Samjiyon.

Dilansir dari PC World, produk ini merupakan tablet ketiga yang dipasarkan di Korea Utara. Pertama kali produk ini diperkenalkan pada September 2012 lalu, di pameran dagang di ibukota Korea Utara, Pyongyang. Bahkan tablet ini diliput oleh media massa negeri tersebut, tetapi hanya sedikit orang diluar negeri yang memegang tablet ini.

Michael, yang tak ingin disebutkan asalnya mengaku melihat tablet tersebut pada sebuah toko souvenir setelah makan siang di Pyongyang. Ia pun tak menyangka bisa mendapatkan ijin untuk membawa pulang perangkat tersebut.

“Saya bercanda menanyakan apakah tablet itu bisa dibeli. Alangkah terkejutnya saya ketika si penjaga toko menjualnya seharga 200 dollar AS,” ungkap Michael.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Walau terdengar cukup terjangkau, tetapi harga tersebut masih diluar jangkauan masyarakat Korut, yang memiliki penghasilan bulanan kurang dari US$ 100. Menurut Michael, Samjiyon termasuk terbilang canggih untuk ukuran sebuah perangkat mobile.

“Soal kecepatan respons dan kinerja, tablet ini bisa bersaing dengan produk-produk yang memimpin pasar,” terangnya sambil menambahkan bahwa ia tak menjumpai lag berarti ketika menjalankan aplikasi, termasuk saat bermain game Angry Birds yang sudah terpasang di tablet itu.

Samjiyon ditenagai prosesor 1,2 GHz dan pilihan media penyimpanan 8GB atau 16GB. Layarnya berukuran 7 inci dengan resolusi 1024x768. Sebuah kamera 2 megapixel melengkapi deretan hardware perangkat ini.

Adapun sistem operasi yang dijalankan adalah Android versi 4.0.4 (Ice Cream Sandwich). Tetapi layanan-layanan standar Google yang biasanya ditemukan di perangkat Android seperti Gmail dan YouTube tak hadir di sini.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)