home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Ketahui Penyakit Lewat Kondisi Mulut

Senin, 27 Mei 2013 15:00 by citra09 | 4081 hits
Yuk, Ketahui Penyakit Lewat Kondisi Mulut
lifestyle.yahoo.co.nz

DREAMERSRADIO.COM - Untuk mengetahui kondisi penyakit seseorang ternyata dapat dilihat dari kondisi mulut. Kondisi kesehatan bibir, mulut, gigi, dan napas bisa menjadi sinyal kesehatan yang lebih luas daripada sekedar gigi berlubang.

Plak yang muncul di gigi muncul karena kita kurang rajin membersihkan gigi sangat berbeda dengan plak yang  muncul di pembuluh darah dan memicu serangan jantung. Tetapi toksin yang berasal dari plak gigi bisa memicu respon inflamasi kronik yang berkaitan dengan penyakit jantung.

“Mulut merupakan pintung gerbang ke jantung dan riset ilmiah membuktikan kaitan antara kesehatan gigi yang buruk dengan kondisi kardiovaskular,” ungkap Dr.Kevin Marzo, ketua departemen kardiologi di WInthrop University Hospital, New York, AS.

Dia menambahkan, obat penyakit jantung yang kita telan bisa beredar dengan cepat di seluruh pembuluh darah. Demikian pula halnya dengan bakteri. “Bakteri yang menyebabkan plak gigi akan memicu inflamasi di tubuh, termasuk di lapisan pembuluh darah sehingga risiko terkena penyakit kardiovaskular pun meningkat,” tuturnya.

Penelitian juga menunjukan orang yang menderita  radang gusi dan mendapatkan pengobatan, pembuluh darahnya  juga ikut membaik. Selain penyakit  jantung, penyakit gusi juga terkait dengan penyakit pernapasan, stroke, osteopororsis.

Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Baik untuk Jaga Kesehatan Mulut Lho!

Karena itu banyak pakar yang berpendapat mengobati inflamasi di mulut juga akan mengurangi inflamsi di bagian tubuh lain, termasuk artritis, bahkan keriput di wajah. Kondisi mulut juga bisa menjadi indikator kesehatan seksual seseorang. Kutil di  mulut yang menyerupai kembang kol bisa jadi tanda infeksi human papillomavirus (HPV), salah satu infeksi menular seksual.

“Saya secara rutin melihat mulut, gigi, langit-langit mulut, dan juga bibir pasien. Terutama pada pasien yang berusia di atas 50 tahun namun masih aktif secara seksual,” terang Dr.Susan Pugliese, dari divisi kesehatan mulut dan gigi.

HPV diketahui sebagai pemicu kanker mulut. The National Cancer Institute memprediksi 65 % dari 8.000 kanker di tonsil dan lidah berasal dari infeksi HPV. HPV biasanya pertama kali dideteksi pada mulut sebagai sebentuk garis kemerahan di sekitar gigi atau garutan berwarna putih di lidah. Lapisan putih itu bisa menjadi sinyal pertumbuhan berlebihan Candidda, jamur yang juga menyebabkan infeksi keputihan pada wanita.

Lapisan putih di lidah menjadi tanda kadar  glukosa yang buruk sehingga sering ditemui pada penderita diabetes. Tetapi lapisan putih seringkali tidak berbahaya. Seperti karena fluktuasi hormone atau alergi pasta gigi.

Indikator kesehatan lainnya adalah bau mulut. Bau mulut bisa menjadi sinyal gangguan kesehatan yang memerlukan tindakan medis, seperti infeksi pernapasan, diabetes, refluks asam lambung, serta gangguan jantung dan liver. (way)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)