home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Redakan Sakit Kepala Secara Alami Pakai 5 Essential Oil Ini

Selasa, 29 Desember 2020 17:30 by SartikaF | 297 hits
Redakan Sakit Kepala Secara Alami Pakai 5 Essential Oil Ini
Image source: Wolipop

DREAMERS.ID - Sakit kepala memang sangat menganggu. Banyak cara untuk menghilangkannya, tetapi pasti yang dicari pertama adalah obat. Efeknya? Bisa jadi mengantuk. Untuk menghindari hal tersebut, ada cara alami meredakan sakit kepala dengan essential oil.

Essential oil atau minyak aromaterapi menjadi tren belakangan ini, khususnya saat pandemi. Ada beberapa jenis essential oil yang dikatakan bisa mengurangi gejala migrain. Mengutip dari Hopkins Medicine, saat aroma essential oil di hirup, molekul aroma akan bergerak masuk kedalam saraf penciuman dan langsung menuju otak.

Aroma itu akan memengaruhi amigdala, pusat emosi otak. Hasilnya, otak akan mengirimkan sinyal kepada organ tubuh lain untuk dapat lebih rileks, termasuk meredakan sejumlah gejala sakit kepala dan migrain.

Dari sejumlah essential oil yang sudah dikembangkan dari tumbuhan, terdapat beberapa macam yang terbaik untuk meredakan sakit kepala secara alami. Berikut lima essential oil untuk sakit kepala mengutip Wolipop.

1. Rosemary

Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan, rosemary memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang kuat. Essential oil untuk sakit kepala ini dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.

Essential oil rosemary dapat digunakan dengan cara mengoleskan atau memijatkan bagian tubuh dengan minyak ini. Rosemary juga dapat dicampur dengan minyak kelapa dan dimasukkan ke dalam air untuk berendam.

2. Kamomil

Minyak bunga kamomil juga dapat merilekskan tubuh dan menenangkan otot. Studi mendapati, kamomil dapat mengurangi gejala sakit kepala. Gunakan essential oil kamomil pada diffuser atau diteteskan dalam bak mandi.

3. Lavender

Minyak bunga lavender juga dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain. Lavender dapat membantu merilekskan saraf sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Serta aman dan efektif untuk mengelola sakit kepala. Essential oil lavender dapat langsung dioleskan kepada kulit atau ditambahkan pada difuser dan bak mandi.

4. Kayu putih

Minyak eukaliptus atau kayu putih dapat meredakan sakit kepala yang berlarut-larut, terutama yang disebabkan karena sinus. Eukaliptus dapat membuka saluran hidung, membersihkan sinus, dan meredakan ketegangan pada sinus. Penggunaannya dapat dioleskan langsung pada bagian tubuh ataupun menambahkan ke air panas untuk menghirup uapnya.

5. Peppermint

Dilansir CNN Indonesia, minyak peppermint dapat mengobati sakit kepala dan serangan migrain. Kandungan mentol dalam peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri saat diaplikasikan langsung ke tubuh. Minyak ini juga bisa dicampurkan dengan minyak kelapa.

Cara lain menggunakan minyak peppermint sebagai essential oil untuk sakit kepala adalah dengan menggunakan diffuser.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Naver mengumumkan akuisisi platform novel web Wattpad pada 20 Januari. Raksasa internet asal Korea Selatan itu akan mengakuisisi 100 persen saham Wattpad seharga 653,3 miliar won (sekitar 8,3 triliun rupiah) pada paruh pertama tahun ini....
  • HOT !
    Samsung resmi meluncurkan ponsel seri Galaxy S21 andalan barunya pada Jumat (15/1) waktu setempat. Menampilkan megastar BTS dan grup alternatif eksentrik Leenalchi, raksasa teknologi Korea Selatan ini sukses menarik perhatian pengguna smartphone muda di seluruh dunia....
  • HOT !
    Anggota BLACKPINK, Lisa, saat ini telah berhasil mencapai tonggak dalam sejarah lain ketika dia masuk ke dalam daftar VOGUE's 10 Best Dressed Celebrities. Apalagi kalau bukan gayanya yang selalu menawan di setiap kesempatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)