home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Kerja Vaksin Covid-19 Pfizer yang Diklaim Lebih Efektif dari Lainnya

Kamis, 12 November 2020 15:10 by RizkiSetiawaan | 304 hits
Cara Kerja Vaksin Covid-19 Pfizer yang Diklaim Lebih Efektif dari Lainnya
Image Source:merdeka.com

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, telah dikabarkan bahwa Vaksin Corona yang dibuat oleh Pfizer dan BioNtech yang dikalim 90% lebih efektif. Vaksin ini berbeda dengan vaksin lainnya karena dibuat dengan virus tidak aktif, seseorang yang telah menerima vaksin Corona tersebut juga akan menerima suntikan mRNA.

Melansir dari detik.com, Pakar Biologi Molekuler Ahmad Rusdan mengatakan pada sejauh ini tidak ada efek samping yang berarti dalam catatan uji klinis vaksin corona dari Pfizer. Baik dalam uji klinis pertama maupun kedua, "Kalau kita lihat dari fase 1 dan fase 2 efek sampingnya sama juga sih seperti vaksin COVID-19 yang lain."

"Demam, nyeri di tempat suntik. Tetapi itu rata-rata setelah minum paracetamol dan panadol juga udah oke kok," lanjutnya. Sementara itu, Ahmad juga telah menjelaskan bagaimana cara kerja vaksin Corona Pfizer nantinya dengan menyuntikkan mRNA.

Baca juga: Ini Tanggal Presiden Jokowi Disuntik Pertama Vaksin Corona, Kapan Izin Darurat Turun?

Selanjutnya, mRNA dibentuk oleh sel menjadi protein yang akhirnya memproduksi protein spike. "Mereka langsung proses, akhirnya sel itu bisa memproduksi protein spike, nah ketika diproduksi akhirnya itu bisa menyalakan respons imun, atau antibodinya," jelas Ahmad Rusdan.

Ahmad juga menjelaskan lebih lanjut mengenai vaksin Corona Pfizer tak hanya mRNA saja tetapi mereka juga menambahkan adjuvant yang bisa membuat imun makin responsif.

"Plus mereka juga menambahkan adjuvant jadi bahan kimia yang lain, membuat imun sistem kita ini jadi lebih responsif. Nah makanya ada beberapa komponen tentu di samping mRNA-nya yang tetap harus dicek efek sampingnya itu," kata Ahmad.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Dengan apa yang terjadi di tahun 2020 lalu, tren kesehatan di 2021 sudah diprediksi akan lebih fokus pada kesehatan batin. Pasalnya, selama pandemi Covid 19 yang terjadi sepanjang 2020 telah membuat orang mengalami stres hebat....
  • HOT !
    Sudah tidak heran jika dua selebriti ternama akan kedapatan mengenakan pakaian yang sama di kesempatan berbeda. Kali ini, aktris Kim So Yeon dan Jisoo BLACKPINK terlihat memakai gaun yang sama....
  • HOT !
    Walau banyak hal terhenti akibat pandemi, tidak demikian dengan industri fashion yang tetap berkembang dan mengeluarkan tren baru. Sepanjang tahun 2020 lalu, masih ada karpet merah, challenge unik, hingga fashion show yang berlangsung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : tanakatosi
Cast : paw petclinic and care

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)