home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ayo Olahraga Walau Sibuk Bekerja

Kamis, 08 Maret 2012 13:00 by wahyu | 3530 hits
Ayo Olahraga Walau Sibuk Bekerja
preventionindonesia.com

Dreamers.co.id – Kegiatan yang padat tentunya mengorbankan hak tubuh untuk tetap sehat. Sehingga tak jarang banyak manusia saat ini lebih banyak menghabiskan waktu duduk seharian. Nah jika terlalu duduk tentunya bakal mengundang banyak penyakit. Karena itu bagaimana kita tetap berolahraga ditengah kesibukan yang padat.

Sebuah survey yang dilakukan Universitas Minnesota dan Mayo Clinic terhadap 30 pekerja dari Caldrea mnengungkapkan bekerja sambil berdiri dalam beberapa waktu lebih sehat dan berenergi dari pada duduk seharian penuh.

Survei dilakukan dengan cara berdiri ketika bekerja selama beberapa jam dengan monitor pengawas agar mereka tidak duduk sampai waktu yang telah ditentukan. Haruskah berdiri beberapa jam saat sedang di kantor? Anda tidak perlu melakukan hal itu.

Dilansir dari Hufftington Post, berikut enam langkah dibawah ini yang dapat membantu tubuh tetap aktif meski sibuk :

1. Jaga Postur Tubuh

Menurut Occupational Safety & Health Administration (OSHA), di Amerika, komputer yang berada seharian di depan dapat menyebabkan sakit kepala. Pastikan komputer ada di posisi yang tepat untuk menjaga agar tangan tetap lurus dan siku menempel di meja. Supaya leher tidak pegal, layar komputer harus sejajar dengan mata. Kemudian, telapak kaki menempel di lantai dengan lutut menekuk 90 derajat. Duduk dengan angle 90 derajat akan membuat tubuh tetap tegak dan fit, juga mengurangi rasa stres karena pekerjaan.

2.Gunakan Tangga daripada Lift

Jangan manjakan diri dengan selalu menggunakan lift untuk mencapai ruangan bekerja. Coba naik melalui tangga agar otot-otot lebih banyak beraktivitas. Dengan mendaki 3 hingga 5 tumpuan tangga dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

3.Coba Ganti Alas Duduk dengan Permukaan yang Tidak Merata

Baca juga: akmu

Mungkin kamu sudah nyaman dengan kursi yang alasnya empuk dan rata. Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengganti alas kursi dengan permukaan yang tidak datar. Gunakan kursi balon atau kursi yang berbentuk bola. Jika malu bisa tambahkan bantal di atas alas duduk. Dengan begitu, otot di sekitar bokong hingga kaki akan lebih banyak bergerak. Jaga jarak mata dengan komputer supaya tetap pada posisi yang pas.

 

4.Manfaatkan Sedikit Waktu untuk Berjalan-jalan

Rilekskan tubuh dengan berjalan-jalan. Jalan di sini bukan berarti harus keluar kantor dan pergi ke tempat wisata. Manfaatkan kesempatan untuk berdiri atau berjalan menghampiri atasan atau rekan kerja.

5.Meeting di Luar Kantor

Hal ini bisa menjadi bagian yang dapat menghilangkan penat serta stres. Selain itu, lebih sehat karena meeting yang dilakukan di luar dapat meningkatkan energi dan terhindar dari duduk yang terlalu lama.

6.Olahraga di Tempat

Tidak harus berlari bermil-mil demi menghindari efek dari kebanyakan duduk. Kamu bisa berolahraga di tempat, seperti stretching atau berbagai pose yoga yang membuat otot beraktivitas dan tidak kaku. Misalnya, angkat kedua tangan, lalu gerakkan ke kiri dan kanan. Atau letakan tangan di dagu, kemudian tengokkan ke kiri dan kanan. Setelah melakukan beberapa gerakan olahraga di tempat duduk, kamu akan merasa lebih fresh serta mengurangi ketegangan saraf dalam tubuh, terutama bagian leher, punggung dan pinggang. (way)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)