home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal yang Baik Dilakukan Setelah Olahraga

Rabu, 22 Februari 2012 09:00 by wahyu | 5858 hits
Hal yang Baik Dilakukan Setelah Olahraga
faisalhazami24.wordpress.

Dreamers.co.id – Olahraga  merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Namun jika dilakukan tanpa adanya pengetahuan malah ddapat menimbulkan masalah. Agar manfaat yang di dapat maksimal, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan setelah berolahraga.

Sebelum berolahraga sebagaiknya melakukan peregangan agarterhindar dari cidera dan sakit di tubuh.  Begitu juga setelah berolahraga ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Hal ini karena saat berolahraga, ada kerusakan pada otot, fragmen kecil protein dalam sel-sel  otot pecah, sehingga ketika selesai berolahraga seseorang harus mengganti bagian otot yang hilang tersebut. Jika otot tidak diberikan waktuuntuk pulih, maka otot akan menjadi lebih kecil.

Karena itulah pemulihan setelah olahraga sangat penting untuk otot dan perbaikan jaringan, membangun kekuatan dan pengisian energi. Merawat tubuh setelah olahraga akan berdampak baik untuk otot. Dilansir dari lifemojo berikut beberapa tips yang dilakukan setelah  olahraga.

1. Melakukan peregangan

Hal ini membantu otot menjadi hangat dan lebih elastis serta meningkatkan fleksibilitas dan memaksimalkan jangkauan gerak di sekitar sendi. Peregangan dilakukan di semua kelompok otot utama yang terlibat dalam olahraga.

2. Istirahat atau melakukan cool down

Tubuh memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mengurus dirinya sendiri jika diberikan beberapa waktu. Beristirahat dan menunggu setelah olahraga memungkinkan proses perbaikan dan pemulihan terjadi.

3. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat seperti membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran yang membuat orang menjadi lebih rileks.

Baca juga: akmu

 

4. Mandi

Setelah istirahat beberapa saat, mandilah dengan air hangat selama 3-4 menit lalu kemudian dibilas dengan air dingin selama 1 menit. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk diperluas sedangkan air dingin membuatnya kontraksi atau mengecil kembali. Kondisi ini akan mempercepat aliran darah.

5. Makan setelah olahraga

Seseorang perlu mengisi bahan bakar lagi untuk memulihkan, memperbaiki jaringan sehingga semakin kuat dan siap untuk tantangan berikutnya. Idealnya adalah makan 60 menit setelah olahraga dan mengonsumsi protein berkualitas tinggi serta karbohidrat kompleks.

6. Mengganti cairan

Minum air selama olahraga sama pentingnya dengan menjaga tetap terhidrasi setelah olahraga. Para ahli biasanya menyarankan minum 2-3 gelas dalam waktu 2 jam setelah olahraga kemudian minum secara teratur untukmencegah dehidrasi.

7. Melakukan pijatan

Pijat bisa membuat dan memperbaiki sirkulasi lebih baik sehingga jadi lebih santai. Pijat yang baik secara teratur adalah hal yang penting, meski kebanyakan dilakuakn sebulan sekali. (way)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)