SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Group Chatting?

Senin, 19 Agustus 2019 16:19 by manachemvr | 542 hits
Penelitian Ungkap Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Group Chatting?
imagesource: https://telset.id/183251/asl-pls-5-ap

DREAMERS.ID - Seiring meningkatnya aplikasi media sosial berkirim pesan memunculkan stigma masyarakat, bahwa penggunaan aplikasi tersebut dapat memberi pengaruh negatif terhadap psikologis pengguna.

Tetapi tidak seluruh fitur dalam aplikasi berkirim pesan memiliki dampak negatif. Bahkan melalui penelitian telah ditemukan beberapa dampak positif khususnya dalam fitur grup, salah satunya adalah peningkatan kepercayaan diri.

Linda Kaye dan Sally Quinn, pakar psikologi dari Edge Hill University melakukan studi mengenai efek penggunaan aplikasi berkirim pesan pada kesehatan mental pengguna.

Baca juga: Permudah Pemesanan, Gojek Kenalkan 3 Layanan Baru di Aplikasi

Penelitian ini dilakukan dengan pengisian kuesioner online kepada 200 orang responden, yang diantaranya terdapat 158 perempuan dan 42 pria dengan rata-rata usia 24 tahun. Melalui kuesioner tersebut, responden diberikan pertanyaan seputar penggunaan aplikasi, kualitas hubungan, motivasi pengguna, identitas grup, dan sisi psikososial.

Hasilnya, sebagian besar responden mengaku kebiasaan mengirim pesan melalui grup dapat membuat pengguna tidak merasa kesepian sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kaye pun beranggapan dengan seringnya bertukar pesan akan memudahkan seseorang untuk bersosialisasi dan mereasa menjadi bagian dari grup.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan kini tidak hanya menjadi negara yang semakin maju, tetapi juga ramah muslim. Terdapat satu area populer yang bisa dibilang seperti pusat wisata muslim yang berkunjung ke negeri ginseng, yaitu The Islamic Street....
  • HOT !
    WhatsApp hadir dengan beragam fitur mulai dari pengiriman pesan online hingga panggilan suara dan video. Tetapi ternyata Uni Emirat Arab memblokir akses pengguna untuk menggunakan fitur panggilan suara/video....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Facebook menggugat NSO Group atas tuduhan menyalahgunakan spyware Pegasus untuk meretas ponsel milik 1.400 orang melalui panggilan telepon WhatsApp, yang diduga mengincar sejumlah jurnalis, pengacara, aktivis hak asasi manusia (HAM), hingga politikus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)