home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Group Chatting?

Senin, 19 Agustus 2019 16:19 by manachemvr | 571 hits
Penelitian Ungkap Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Group Chatting?
imagesource: https://telset.id/183251/asl-pls-5-ap

DREAMERS.ID - Seiring meningkatnya aplikasi media sosial berkirim pesan memunculkan stigma masyarakat, bahwa penggunaan aplikasi tersebut dapat memberi pengaruh negatif terhadap psikologis pengguna.

Tetapi tidak seluruh fitur dalam aplikasi berkirim pesan memiliki dampak negatif. Bahkan melalui penelitian telah ditemukan beberapa dampak positif khususnya dalam fitur grup, salah satunya adalah peningkatan kepercayaan diri.

Linda Kaye dan Sally Quinn, pakar psikologi dari Edge Hill University melakukan studi mengenai efek penggunaan aplikasi berkirim pesan pada kesehatan mental pengguna.

Baca juga: Lupakan Zoom, Skype Rilis Fitur Baru 'Meet Now' Tanpa Download Aplikasi dan Daftar

Penelitian ini dilakukan dengan pengisian kuesioner online kepada 200 orang responden, yang diantaranya terdapat 158 perempuan dan 42 pria dengan rata-rata usia 24 tahun. Melalui kuesioner tersebut, responden diberikan pertanyaan seputar penggunaan aplikasi, kualitas hubungan, motivasi pengguna, identitas grup, dan sisi psikososial.

Hasilnya, sebagian besar responden mengaku kebiasaan mengirim pesan melalui grup dapat membuat pengguna tidak merasa kesepian sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kaye pun beranggapan dengan seringnya bertukar pesan akan memudahkan seseorang untuk bersosialisasi dan mereasa menjadi bagian dari grup.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Bagi kamu penggemar EXO pasti sudah tidak asing dengan Cofioca yang dikenal sebagai kafe bubble tea, berlokasi di kawasan Gangnam gu, Seoul. Cofioca menjadi terkenal karena kafe favoritnya Sehun....
  • HOT !
    ARMY pasti mengetahui restoran favorit BTS yaitu Yoojung Sikdang. yang berada di kawasan Gangnam gu, Seoul. Yoojung Sikdang semakin populer berkat BTS yang kerap kali datang ke restoran ini....
  • HOT !
    Siapa yang tak kenal dengan aktris cantik Jun Ji Hyun yang bermain bersama Lee Min Ho di drama The Legend of the Blue Sea pada 2016 lalu. Hingga kini, Jun Ji Hyun masih menjaga bentuk tubuh idealnya meski sudah berumur 38 tahun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)