SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Agar Tak Kalap Saat Menyantap Hidangan Lebaran

Kamis, 06 Juni 2019 12:00 by zia92 | 1942 hits
Tips Agar Tak Kalap Saat Menyantap Hidangan Lebaran
Image source: Hello Sehat

DREAMERS.ID - Merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa biasa dilakukan dengan berkumpul dengan sanak saudara. Tak hanya itu, berbagai hidangan pun tak pernah luput di hari Lebaran yang siap disantap.

Banyaknya kue dan minuman manis serta makanan berlemak tentu akan merusak berat badan yang sudah dijaga saat menjalani puasa jika dikonsumsi secara berlebihan. Yuk simak tips agar tak makan berlebihan dan dan tetap ramping saat Lebaran, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol diri dari 'balas dendam'

Setelah berpuasa selama sebulan, terdapat kecenderungan orang-orang untuk 'membalas dendam' dengan cara makan sesuka hati. Sebaiknya jangan 'kalap' saat menikmati sajian Lebaran. Jangan sampai pola sehat yang sudah dijaga saat berpuasa justru rusak saat Lebaran tiba.

2. Jangan lapar mata

Pada saat berkunjung ke rumah kerabat untuk silaturahim, jangan lapar mata karena banyak camilan yang disajikan di meja tamu. Porsi makan pun harus dibatasi dan harus ada niat dalam hati untuk mempertahankan berat badan yang sudah turun saat puasa.

3. Perhatikan waktu berkunjung

Jika memang berkunjung di waktu makan besar, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika berkunjung di waktu sore hari (bukan jam makan besar) maka sebaiknya ditahan, jangan sampai mengonsumsi makanan besar.

Baca juga: Alasan Mengapa Sistem One Way Tak Cocok untuk Arus Balik Lebaran

4. Berjalan kaki

Saat bersilaturahim ke rumah kerabat dan tetangga, lebih baik untuk berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. Berjalan kaki paling tidak bisa membakar kalori yang dimiliki. Jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman sehingga tidak membuat cepat lelah.

5. Hindari camilan penuh kalori

Nastar, kue putri salju, dan kue kastengel kebanyakan matang dengan cara digoreng atau dioven dengan kandungan margarin atau mentega yang cukup tinggi. Dengan kata lain, camilan ini adalah sumber lemak. Bahkan karbohidrat pada tepung sebagai bahan utama akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak pula.

dr Titi Sekarindah, MS, SpGK menyebut kue nastar mengandung sekitar  70 kalori per buahnya, kue putri salju mengandung sekitar 50 kalori per buahnya, dan kue kastengel mengandung sekitar 40 kalori per buahnya. Jika berkunjung saat silaturahim, sebaiknya cukup mencoba 2 atau 3 potong saja.

6. Batasi minuman manis

Saat bersilaturahim kebanyakan rumah-rumah menyuguhkan minuman manis seperti es sirup dan minuman bersoda untuk menemani sajian aneka kue Lebaran. Berusahalah untuk mengontrol diri agar tidak meminumnya secara berlebihan. Sebab minuman tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi dan berpengaruh terhadap berat badan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dampak buruk dari ‘Binge Watching’ memang berbahaya bagi kesehatan dan juga perilaku sosial. Karenanya kita harus bisa membiasakan diri untuk menghindari dampak negatif tersebut....
  • HOT !
    Meski tak bisa dikatakan akan segera rilis dalam waktu dekat, namun game terbaru yang menampilkan BTS sudah membuat fans sangat penasaran, terlebih setelah teaser pertamanya dirilis....
  • HOT !
    Salak merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah dengan nama latin salacca zalacca ini, memiliki rasa yang enak dan juga unik, selain itu terdapat beberapa jenis salak, seperti salak Bali, salak pondoh, dan salak gula pasir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)