SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Alasan Heroik Nan Haru Di Balik Alasan Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibawa Pulang

Selasa, 08 Januari 2019 19:18 by reinasoebisono | 2586 hits
Ternyata Ada Alasan Heroik Nan Haru Di Balik Alasan Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibawa Pulang
Image source: Airy Rooms

DREAMERS.ID - Nasi Padang kerap jadi favorit masyarakat untuk melepas rasa lapar. Selain mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia, cita rasa dan sensasi mengenyangkannya jadi pilihan masyarakat. Uniknya, ada satu misteri yang sering dipertanyakan publik dari salah satu makanan terlezat di dunia ini.

Entah kenapa, dirasa porsi nasi Padang selalu lebih banyak ketika dibungkus daripada saat makan di tempat, terutama nasinya. Ada yang mengatakan jika itu trik agar kemungkinan mereka yang makan di tempat menambah porsi karena yang dibawa pulang kecil kemungkinan untuk kembali jika porsinya dirasa kurang.

Tapi menurut laman Suara yang dikutip dari berbagai sumber, ada alasan lain yang lebih mendalam dari didasari dari sudah adanya rumah makan Padang sejak zaman penjajahan Belanda. Kala itu, rumah makan Padang disebut Ampera yang memiliki kepanjangan amanat penderitaan rakyat.


Image source: Pinterest

Karena terkenal dengan kelezatannya, rumah makan ampera pun selalu dipenuhi kaum Belanda yang makan langsung di tempat. Meski harga nasi Padang saat itu relatif murah, tetap saja keberadaan orang Belanda di sana membuat masyarakat pribumi enggan makan dan berbaur.

Karena itulah masyarakat pribumi memilih untuk membungkus makanannya dan diketahui oleh para saudagar rumah makan ampera. Sebagai bentuk solidaritas, nasi yang dibungkus untuk sesama orang Indonesia pun porsinya dilebihkan.

Dengan porsi nasi yang dilebihkan, para saudagar rumah makan berharap nasi Padang tersebut dapat dimakan satu saudara se Tanah Air bersama keluarga mereka. So sweet, jadi sekarang sudah tidak penasaran lagi ya kenapa nasi bungkus rumah makan Padang dirasa selalu lebih banyak dibanding dimakan di tempat.

(rei)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)