SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Boleh Sembarangan, Inilah Beberapa Aturan Tidur Siang yang Benar

Jumat, 23 November 2018 12:34 by noudi0501 | 3193 hits
Tidak Boleh Sembarangan, Inilah Beberapa Aturan Tidur Siang yang Benar
Image source: idntimes.com

DREAMERS.ID - Banyak orang sering merasa mengantuk saat di sekolah ataupun di kantor. Nah, ada baiknya jika bisa memanfaatkan waktu untuk tidur siang terlebih dulu. Nyatanya, tidak hanya baik untuk anak-anak, tidur siang pun bermanfaat bagi orang dewasa.

Meskipun begitu, harus diperhatikan tata cara tidur siang yang benar. Jika tidak, bisa kena efek negatif dari tidur siang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

Tidur siang menyebabkan gangguan tidur pada malam hari
Terlebih untukmu yang punya insomnia. Seharusnya, tidur siang gak memengaruhi kualitas tidur malam seseorang. Namun, buat kamu yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur, tidur siang bisa memperparah tidur malammu.

Bisa juga menyebabkan sleep inertia 
A
tau perasaan linglung dan uring-uringan setelah bangun tidur. Jika kamu bangun tidur saing dan mendapati perasaanmu buruk dan pikiranmu linglung, kamu mengalami sleep inertia. Biasanya ini terjadi kalau tidur siangmu kelamaan. 

Baiknya lakukan tidur siang selama 10-30 menit
Tidur siang yang baik ternyata punya durasi yang tergolong singkat, antara 10-30 menit. Ada baiknya kamu lakukan tidur siang antara jam 2-3 sore atau beberapa saat setelah makan siang. Dengan begitu, tidur siangmu gak akan mengganggu tidur malammu. 


Image source: idntimes.com

Baca juga: Yuk, Perhatikan Etika-etika Ini Saat Sedang Batuk Agar Orang Lain Tidak Ikut Tertular

Sebisa mungkin tidurlah di tempat yang tenang
Selain itu tempat 
gelap, nyaman, sejuk dan tidak terlalu bising. Sebenarnya, kesulitan tidur siang adalah mendapatkan tempat yang nyaman untuk tidur. Beruntung kalau sekolah atau kantormu menyediakan tempat tidur, seperti di ruang santai. 

Saat bangun dari tidur siang, jangan buru-buru beraktivitas.
Berikan waktu sejenak untuk mengembalikan kesadaran dan pikiranmu kembali jernih. Itu untuk mencegahmu agar gak emosi dan sakit kepala. Kamu hanya perlu waktu beberapa menit kok. 

Tidur siang punya segudang manfaat buat tubuhmu. Seperti efek relaksasi, mengurangi kelelahan, meningkatkan fokus, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan performa kerja.

Tidur siang penting jika  merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Mungkin kamu sering begadang atau lembur karena banyak tugas atau pekerjaan. Karena itu, tidur siang akan bisa membuatmu segar kembali.

Meski begitu, kalau kamu merasa ketergantungan dengan tidur siang, seperti tidur siang terlalu lama, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut agar  bisa mendapatkan diagnosis dan pengobatan terbaik. Siapa tahu ternyata kamu mengalami gangguan tidur.

(nou)

  • HOT !
    Setelah Facebook, Google, berbagai platform lainnya, kini giliran Instagram yang merilis daftar ulasan tahunanya untuk 2018. ‘Year in Review’ melihat bagaimana platform berbagi foto dan video tersebut digunakan sepanjang tahun dan menyoroti tren utama dari 2018....
  • HOT !
    Perusahaan teknologi nampaknya menjadi salah satu tempat kerja yang paling diminati. Generasi milenial Indonesia khususnya melihat ketertarikan terhadap perusahaan perusahana besar seperti Telkom dan Google....
  • HOT !
    Tak hanya film, musik mau pun talenta talenta berbakat yang direkap di masa penghujung tahun ini mengenai siapa yang terbaik. Namun dunia video game juga menantikan jawaranya dengan pertimbangan beberapa penilaian....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)