home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal-hal yang Bisa Sebabkan 'Mata Panda', Apa Saja?

Sabtu, 29 April 2017 18:20 by Dits | 5454 hits
Hal-hal yang Bisa Sebabkan 'Mata Panda', Apa Saja?
image source: House Beautiful

DREAMERS.ID -Salah satu dampak paling terlihat saat seseorang kurang tidur adalah munculnya ‘mata panda’ atau timbulnya lingkaran hitam disekitar mata dan juga kantong mata. Gara-gara mata panda ini, wajah akan terlihat lelah, kusam, dan tidak segar.

Dilansir dari laman Live Science, ada beberapa penyebab mengapa lingkaran hitam dan kantong mata bisa timbul akibat kurang tidur. Selain karena faktor genetik, hal ini juga dipengaruhi faktor kebiasaan, seperti pola makan misalnya.

1. Genetik

Menurut Dr.Carol Clinton, spesialis kulit dari Timeless Skin Solutions di Dublin, faktor genetik adalah yang paling besar peranannya dalam menciptakan mata panda ini. Kantong mata secara umum lebih terlihat pada orang yang karena faktor genetiknya memiliki kulit yang pucat dan tipis.

"Saat seseorang lelah atau stres, sirkulasi darah di area mata cenderung melambat, sehingga darah berkumpul di situ. Pembuluh darah tipis atau kapilaris juga akan meregang dan bocor sehingga muncul lingkaran hitam di sekitar mata," kata Clinton.

Selain itu, sebagian orang juga secara genetik rentan pada subluksasi atau pergerakan lemak dari bawah bola maka ke bagian depan mata. Jika seseorang mengalami gerakan lemak yang maju ke depan, maka kantong mata jadi terlihat lebih mencolok.

Sayangnya, subluksasi itu tidak terkait dengan seberapa banyak durasi tidur kita. "Dengan kata lain, orang yang tidur 9 jam saat malam juga bisa memiliki kantong mata, karena penyebabnya adalah faktor genetik," katanya.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

2. Lingkungan

Ada jenis alergi yang bisa menyebabkan kapilaris bocor. Saat tubuh terpapar alergen, tubuh akan melepaskan protein yang disebut histamin. Zat tersebut menyebabkan pembuluh darah di sekitar dan dalam mata bengkak. Selain itu, terlalu sering terpapar sinar matahari juga akan merusak kulit, membuat lingkaran hitam di bawah mata lebih terlihat.

3. Makanan dan kebiasaan

Jika kamu suka makanan yang asin, sebaiknya mulai menguranginya demi mengusir lingkaran hitam dan kantong mata. Karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang asin bisa menyebabkan tubuh menahan air, sehingga kantong mata semakin parah.

4. Kebiasaan

Sering mengucek-ngucek mata juga membuat lingkaran hitam lebih kentara, karena kebiasaan ini merangsang kapilaris yang sudah tipis itu menjadi bocor. Jika mata terasa gatal, kompres dengan es batu selama sekitar 90 detik untuk mengurangi rasa gatalnya. Kompres es juga akan mengecilkan pembuluh darah dan menghentikan sensasi gatal.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)