home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dennis Adishwara dan Tim, Otak di Balik Siaran Video 360 Derajat Upacara 17 Agustus

Kamis, 18 Agustus 2016 13:40 by fzhchyn | 1550 hits
Dennis Adishwara dan Tim, Otak di Balik Siaran Video 360 Derajat Upacara 17 Agustus
Image source: YouTube/Pre

DREAMERS.ID - Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-71 pada Rabu (17/8) kemarin menyuguhkan berbagai hal istimewa yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mulai dari kirab Bendera Merah Putih, pawai budaya dan pertunjukan kesenian, hingga upacara yang disiarkan secara langsung dengan teknologi kamera 360 derajat.

Disiarkan melalui akun YouTube Presiden Joko Widodo, penonton yang terhubung dengan koneksi internet akan disuguhkan tampilan video dengan sudut pandang yang menyerupai ketika berada langsung di lokasi. Sehingga masyarakat bisa menikmati suasana empat lokasi dari rangkaian upacara HUT RI.

Ternyata, dalang di balik terlaksananya siaran 360 derajat tersebut adalah aktor Dennis Adishwara dan timnya dari Layaria Network. Dennis pun menceritakan bagaimana awal mula timnya bisa terlibat dalam penyiaran proses peringatan HUT RI kemarin.

Berawal dari dua pekan lalu, Dennis dan sejumlah teman-teman yang aktif di media sosial dipanggil oleh Biro Pers, Media dan Informasi Kepresidenan, untuk makan siang bersama Presiden. "Di tengah obrolan, muncul wacana tentang gagasan pakai teknologi kamera 360 untuk merekam momen penting seperti HUT RI," Dennis berkisah, Kamis (18/8), mengutip CNN Indonesia.

Baca juga: Cerita Dennis Adishwara Antre Kamar Isolasi COVID-19 Saking Penuhnya

Hihubungi biro pres kepresidenan pada Jumat (12/8) untuk merealisasikan gagasan tersebut, Dennis dan tim pun mengaku kaget. "Kami kaget banget. Sempat mikir-mikir juga, waktunya sudah mepet. Dan kami juga tidak mau main-main saat persiapannya," ujarnya.

Dennis pun langsung membagi tugas dan meminta bantuan ke dua orang dari Layaria Network juga yang kebetulan ahli dalam teknologi 360. Mereka adalah Yudhie Fardhani dan Utomo Widiyasa. Mereka menggunakan kamera 360 Ricoh Theta S, dengan jumlah titik pengambilan gambar terdapat di empat lokasi, yakni dari Monas hingga Istana Presiden sendiri.

Siaran langsung upacara bendera dalam format video 360 derajat ini mendapat dukungan dari Google Indonesia yang mengajak para YouTuber untuk mempromosikan siaran tersebut. Alhasil siaran ini sukses ditonton ratusan ribu pasang mata, dan yang paling banyak ditonton adalah video bertajuk "Upacara Dalam Istana (View Media Pit) #Upacara360" dengan raihan 99.826 kali ditonton.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)