home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anak Kurang Zink, Semua Makanan Tak Enak

Jumat, 18 November 2011 09:30 by wahyu | 3133 hits
Anak Kurang Zink, Semua Makanan Tak Enak
ibu-anak.com

Dreamers.co.id – Ibu rumah tangga banyak yang mengkhawatirkan anak yang susah makan, hal itu ternyata  dapat dipengaruhi rasa yang anak makan.  Salah satunya disebabkan oleh kekurangan zink (seng) didalam tubuh.

“Kekurangan mineral zink di dalam tubuh bisa mempengaruhi indra pengecap sehingga semua makanan yang masuk akan terasa tidak enak,” tutur ahli gizi Dr Saptawati Bardosono.

Tak hanya itu, Dr yang biasa dipanggil Tati ini menjelaskan, zink mempengaruhi saraf-saraf di lidah yang berfungsi mengirimkan sinyal atau rangsangan ke otak apakah makanan manis, asin, atau rasa lainnya. Kalau seseorang kekurangan zink, maka saraf tidak berfungsi dengan normal.

“Biasanya anak-anak suka melepehkan (mengeluarkan lagi) makanan yang masuk dan jadi tidak nafsu makan,” kata dokter dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Baca juga: akmu

Efek lainya yang ditimbulkan adalah seseorang mengalami kekurangan mineral zink adalah proses pertumbuhan yang terganggu. Sistem kekebalan tubuh yang tidak sempurna serta terganggunya fungsi pencernaan.

Hal itu disebabkan zink memiliki fungsi membantu metabolisme energi, berperan dalam metabolisme vitamin A, protein dan lemak. Untuk mineral didapat  dari daging, keju, telur, unggas, sayuran hijau dan makanan yang sudah difortifikasi (ditambahkan zat gizi).

Dr Tati mengungkapkan zink ini merupakan senyawa yang istimewa pada orang dewasa atau anak-anak yang mengalami diare atau gangguan pencernaan. Hal ini karena zink bisa membantu memperbaiki mukosa dari susu sehingga diare yang dialami akan lebih cepat sembuh.

“Jika mukosa usus sudah diperbaiki maka absorbsi (penyerapan) makanan juga menjadi lebih baik," Tambahnya.(way)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)