home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Keindahan 3 Lokasi Eksotis Indonesia yang Jadi Cagar Biosfir UNESCO

Kamis, 12 November 2020 07:30 by RandyW | 798 hits
Mengintip Keindahan 3 Lokasi Eksotis Indonesia yang Jadi Cagar Biosfir UNESCO
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kekayaan alam di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pada sidang ke-32 The International Co-ordinating Council of UNESCO's Man and the Biosphere Programme (MAB-ICC) tahun 2020, UNESCO menetapkan 25 cagar biosfer di dunia yang mana tiga diantaranya adalah dari Indonesia.

Adalah Bunaken Tangkoko Minahasa, Karimunjawa Jepara Muria, dan Merapi Merbabu Menoreh sebagai UNESCO Biosphere Reserves atau Cagar Biosfir UNESCO. Simak ulasan pesona ketiga tempat itu berikut ini.

1. Bunaken Tangkoko Minahasa


Image Source: Klix Travel

Bunaken Tangkoko Minahasa terletak di Sulawesi Utara dengan luas 746 hektar. Kawasan ini terdapat beberapa tempat yang bagus seperti pesisir dengan terumbu karang dan lamun, hutan bakau dan pesisir, pulau-pulau, dan ekosistem darat.

Melansir dari detik.com, Bunaken Tangkoko Minahasa memperoleh keuntungan dari produksi kakao, kopi, perikanan, dan ekowisata. Cagar ini merupakan ekosistem vulkanik yang memiliki keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat kaya.

Baca juga: UNESCO Tetapkan Dataran Lumpur Korsel Sebagai Warisan Dunia

2. Karimunjawa


Image Source: wisatakita.com

Karimunjawa Jepara – Muria ini memiliki ekosistem unik yang merupakan gabungan kepulauan, dataran rendah dan pegunungan. Ekosistem cagar juga termasuk pulau-pulau kecil, ekosistem laut, hutan hujan tropis dataran rendah dan pegunungan.

Terdapat tiga kawasan lindungnya mencakup lebih dari 120.000 hektar, yakni Taman Nasional Karimunjawa, Hutan Lindung Gunung Muria, dan Cagar Alam Gunung Celering, yang mana warganya hidup dari pertanian tradisional dan perikanan.

3. Merapi Merbabu Menoreh


Image Source: jogjainside.com

Gunung merbabu yang terletak di Jawa Tengah, mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai cagar biosfer dengan luas 255 hektar. Dikutip dari detik.com, tipe hutan pegunungan Jawa-Bali di lokasi tersebut melindungi keanekaragaman hayati di wilayah Indo / Malaya serta formasi batu kapur di wilayah Menorah.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...
  • HOT !
    Bagi pecinta Korea, wajib menonton serunya konten yang akan dihadirkan di channel Youtube, The Sunbae Club. Melalui channel ini, ada empat series berbeda dimana para content creator mengeksplorasi persamaan dan perbedaan budaya Korea dengan Indonesia....
  • HOT !
    Fashion selalu menjadi bagian penting dari K pop. Memang banyak idol yang memiliki ciri khas gaya mereka sendiri. Tetapi tren fashion yang terus berubah selalu menginspirasi penampilan segar idol setiap tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)