home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikira Mirip, Ini Asal Usul Hingga Perbedaan Odeng dan Eomuk

Senin, 09 November 2020 18:10 by RandyW | 5874 hits
Dikira Mirip, Ini Asal Usul Hingga Perbedaan Odeng dan Eomuk
Image Source: Pinterest

DREAMERS.ID - Fish cake atau kue ikan adalah jajanan yang sangat popular di Korea, terbuat dari ikan giling yang ditusuk dengan tusukan sate, dan direbus di dalam kaldu. Dikenal dengan nama odeng atau eomuk, ternyata mereka berbeda lho, Dreamers.

Walau sekilas makanan ini sama, namun sejarah dan penampilan kedua makanan ini berbeda. Eomuk dalam bahasa Korea mengacu pada kue ikan yang dibuat dengan cara menumbuk ikan sampai halus, dan menambahkan bahan lain dalam adonan.

Sementara odeng dipercaya sebagai versi evolusi dari Jepang. Melansir Creatrip, bedanya dengan eomuk, odeng memiliki bentuk yang panjang dan datar, ditusuk dengan tusukan sate dan dimasak dengan sayuran dan telur.

Seiring berjalannya waktu, odeng semakin terkenal dan identik dengan “kue ikan”. Menurut legenda, awalnya odeng awalnya memiliki bernama "dengaku”, terinspirasi dari masakan Jepang yang terbuat dari tahu yang dipotong-potong panjang dan diolesi miso.

Menurut sejarah, memiliki sekilas catatan sejarah Korea (era Joseon), Jepang (era Heian), dan China (Dinasti Qin). Di Cina, dahulu kue ikan disajikan untuk Qin Shihuang. Di Korea, ada masakan bernama saengseon sukpyeon di tahun 1719 yang dipercaya sebagai asal muasal kue ikan.

Sedangkan di Jepang disebut sebagai kamaboko, hidangan yang ditemukan pada jaman Heian lebih dari seribu tahun yang lalu. Kenapa odeng sangat popular di Korea?

Pada masa penjajahan Jepang, banyak orang Jepang yang tinggal di Busan, Mokpo, dan Laut Cina Selatan. Di sana banyak pabrik yang membuat bakso ikan yang disukai orang Jepang.

Setelah Korea merdeka dari Jepang, kue ikan dan bakso ikan terus diproduksi, makanya makanan yang paling terkenal dari kota Busan adalah kue ikan. Dan menjadi makanan nasional setelah krisis kekurangan protein di alami negeri ginseng pasca Perang Korea.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)