home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Destinasi Wisata Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Dengan Cerita 'KKN Desa Penari'

Senin, 02 September 2019 16:25 by sukmagayatri | 2026 hits
Destinasi Wisata Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Dengan Cerita 'KKN Desa Penari'
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Setelah cerita KKN Desa Penari mencuat dan viral di sosial media, mulai muncul beberapa nama tempat yang dikaitkan oleh cerita tersebut dan salah satunya adalah Rowo Bayu.

Rowo Bayu terletak di Kentangan, Bayu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempatnya masih sangat asri untuk destinasi wisata, dipenuhi dengan pepohonan rindang, Rowo Bayu sering dijadikan tempat untuk meditasi dan menyepi dari suasana sibuk perkotaan.


Image source: jatimnow.com

Selain rawa berukuran besar, Rowo Bayu memiliki beberapa sumber mata air diantaranya sumber Taman Kaputran, sumber taman Dewi Gangga, Sumber Kamulyaan dan Sumber Panguripan/ Rahayu. 

Sumber Kaputran dan Dewi Gangga berada di sebelah Barat Petilasan Prabu Tawang Alun, sedangkan untuk sumber Kamulyaan dan Sumber Panguripan/ Rahayu berada di belakang dari petilasan tersebut. 

 


Image source: jejakpiknik.com

Menurut Mbah Saji, juru kunci Rowo Bayu, sumber-sumber mata air tersebut memiliki maknanya masing-masing. Sumber Kaputran untuk mereka yang ingin memiliki penerus yang baik, sumber Dewi Gangga untuk para wanita yang dipercaya berkhasiat untuk kecantikan, sumber Kamulyaan dan Panguripan biasanya dikunjungi oleh pejabat dan masyarakat yang ingin memperbaiki kehidupan dan kemuliaan. 

Di Rowo Bayu juga terdapat sebuah petilasan bernama petilasan Prabu Tawang Alun yang menurut Mbah Saji merupakan jejak terakhir Prabu Tawang Alun sebelum Muksa (menghilang). Hingga saat itu petilasan tersebut sering didatangi penziarah yang percaya jika mereka berdoa disana maka permintaan nya niscaya akan terwujud.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)