home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

iPhone Baru Pakai e-SIM tapi Belum Mendukung di Indonesia, Apa Kata Menkominfo?

Senin, 17 September 2018 20:15 by fzhchyn | 1867 hits
iPhone Baru Pakai e-SIM tapi Belum Mendukung di Indonesia, Apa Kata Menkominfo?
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Apple untuk pertama kalinya menerapkan teknologi dual SIM pada smartphone-nya, yang disematkan pada tiga iPhone yang baru saja dirilis. Namun tak seperti kebanyakan ponsel Android yang dua-duanya menggunakan kartu SIM konvensional, Apple menggunakan e-SIM sebagai salah satu pilihannya.

Dengan penerapan teknologi e-SIM di iPhone baru ini, pembahasan mengenai dukungannya di Indonesia pun kembali mengemuka. Karena sejauh ini, baru ada 10 negara yang sudah mengadopsi teknologi e-SIM ini.

Di Indonesia, dan mayoritas negara lain, yang masih populer digunakan adalah SIM card konvensional. Tapi pembahasan mengenai penggunaan eSIM di Indonesia secara khusus sudah mulai dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone

Bicara lebih lanjut seputar kemungkinan penerapan e-SIM di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa pemerintah sejauh ini masih memfokuskan diri untuk mengelola SIM card yang sudah ada di Indonesia. "Nantilah tunggu, sekarang saja masih ngurusin bagaimana manage SIM Card," kata Rudiantara di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (17/9), mengutip Detik.

Menurut menteri yang akrab disapa Chief RA itu, program registrasi prabayar yang dilakukan pemerintah bersama operator seluler beberapa waktu lalu itu bisa menghemat rata-rata sampai Rp 2 triliun dalam satu tahun. Menkominfo juga mengatakan bahwa implementasi e-SIM pun bisa menghemat di industri telekomunikasi walaupun belum ada angka pastinya. "Mungkin secara fisik, tapi kita lihat nanti ya," ujarnya.

Ia kemudian membahas terkait kemungkinan penerapan e-SIM di Tanah Air dan menyebut bahwa saat ini pemerintah belum mengarah ke hal tersebut. "Tunggu dulu (penerapan e-SIM di Indonesia). Kita fokus ke masalah imei karena saya berhadap penerapannya tahun depan. Waktu di Hanoi kemarin, saya sudah bicara dengan Pak Erlangga soal," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Tentunnya penggemar skincare pernah coba tren 10 layers skincare yang populer di Korea Selatan untuk membuat kulit wajah sehat dan glowing. Namun di beberapa tahun belakangan ini tren tersebut sudah jarang, bahkan tidak menjadi tren di tahun 2022....
  • HOT !
    HYBE mengungkap lebih banyak informasi tentang cerita asli yang dibuat bekerja sama dengan BTS, TXT, dan ENHYPEN! Original Stories ini akan menampilkan berbagai konten seperti web comic dan web novel berdasarkan kekayaan intelektual (IP) cerita unik yang dikembangkan oleh HYBE....
  • HOT !
    Idealnya, kata dokter, orang dewasa harus tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam. Namun, menurut sebuah survei nasional, sekitar satu dari tiga orang dewasa Amerika mengatakan mereka tidur jauh lebih sedikit setiap harinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)