home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wisata Anti-Mainstream Kelabba Madja, Tebing Eksotis dan Unik di NTT

Kamis, 23 Agustus 2018 14:29 by sherleyyy | 1352 hits
Wisata Anti-Mainstream Kelabba Madja, Tebing Eksotis dan Unik di NTT
Image source: Merdeka.com

DREAMERS.ID - Jika sudah bosan pergi berlibur Bali, Lombok, Yogyakarta, atau tempat wisata terkenal lainnya dan sedang mencari destinasi wisata yang antimainstream untuk liburan akhir tahun nanti? Kalau iya, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk hari libur kalian.

Destinasi wisata ini ada di Nusa Tenggara Timur yang juga disebut dengan Pulau Para Dewa. Tempat ini terletak di Pulau Sabu, persis di Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Namanya adalah Kelabba Madja.

Kelabba Madja sendiri terdiri dari dua kata, yakni Ke’labba yang berarti tanah abu dan Madja berarti nama Dewa atau sering disebut sebagai 'Tempat Para Dewa'.


Image source: travelingyuk.com

Kelabba Madja ini menyerupai Grand Canyon di Arizona atau Ngarai Besar yang dipisahkan oleh tebing terjal. Tempat ini terbentuk melalui proses selama jutaan tahun, dengan lapisan yang terbuat dari berbagai jenis batu. Termasuk batu merah dan deposit mineral membentuk lapisan demi lapisan.

Sayangnya, tempat wisata eksotis ini tidak terlalu cocok untuk wisata keluarga karena tempatnya yang cukup jauh dan harus melewati medan yang terjal. Ditambah dengan kondisi jalanan yang masih dalam proses pembangunan, membuat kalian harus berjuang selama kurang lebih 2 jam.

Baca juga: Daftar 19 Negara yang Sudah Boleh Wisata ke Indonesia, Termasuk Korsel

Kalian juga membutuhkan pemandu yang merupakan penduduk asli dari daerah ini agar dapat berhasil menuju lokasi tersebut. Meskipun begitu, tempat ini memiliki daya tarik sediri yaitu adanya tiga batu besar yang melambangkan bapak, ibu, dan anak. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi oleh batu granit yang sangat mencolok.


Image source: IDN Times

Kelabba Madja dianggap sebagai tempat suci untuk ritual, hal tersebut karena masyarakat Nusa Tenggara Timur sangat mempercayai ritual dan menghargai budaya leluhur. Tempat ini juga dijaga oleh warga setempat.

Salah satu bentuk ritual yang biasa di jalani berupa pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan pada bulan Juli saat bulan purnama. Selain itu, Kelabba Madja dipercaya warga setempat sebagai tempat tinggal Dewa Maja.

Meskipun begitu, kalian tetap bisa menikmati liburdan dengan beragam kegiatan yang ditawarkan di tempat ini. Mulai dari tempat wisata yang eksotis dan indah, petualangan, adat, dan budaya.

Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Kelabba Madja yang sangat eksotis ini? Jika tertarik datang ke sini, jangan lupa untuk menuruti peraturan setempat dan menjaga keasriannya ya, Dreamers!

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Warga negara Indonesia yang gemar berpergian ke luar negeri kini tidak perlu khawatir mengenai paspor. Masa berlaku paspor diperpanjang oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dari yang semula lima tahun menjadi 10 tahun....
  • HOT !
    Bakuchiol menjadi salah satu kandungan skincare yang belakangan menjadi tren karena disebut sebagai pengganti retinol yang lebih aman untuk kulit wajah. Tidak hanya itu, bakuchiol juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah mata panda....
  • HOT !
    Penampilan para bintang ‘Squid Game’ di red carpet Emmy Awards 2022 beberapa waktu yang lalu menarik perhatian banyak pasang mata, terutama Jung Ho Yeon yang secara khusus mengenakan busana dengan aksen tradisional Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)