home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Praktis dan Mudah Didapat, Ternyata Makanan Kaleng Simpan Risiko Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 11 Juli 2016 12:15 by fzhchyn | 1198 hits
Praktis dan Mudah Didapat, Ternyata Makanan Kaleng Simpan Risiko Bagi Kesehatan Tubuh
Image source: foodmanufac

DREAMERS.ID - Kehadiran makanan kaleng di hari-hari setelah Lebaran mungkin jumlahnya lebih banyak dibandingkan hari biasa bagi sebagian orang. Pasalnya jenis makanan ini adalah yang paling mudah dijadikan parsel untuk diberikan ke kerabat atau rekan kerja.

Makanan kaleng ini juga memiliki banyak varian, mulai dari yang berisi daging hingga buah-buahan yang diawetkan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi berlebihan jenis makanan tersebut. Alasannya, sebuah studi menunjukkan semakin banyak mengonsumsi makanan kaleng akan semakin berpeluang untuk seseorang terkontaminasi bahan kimia.

Dilansir dari CNN, studi yang dilakukan oleh Stanford dan John Hopkins University dan dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health menyatakan bahwa kandungan bahan kimia Bisphenol A (BPA) memapar konsumen makanan kaleng.

BPA merupakan senyawa kimia yang diberikan sebagai pelapis dalam kaleng makanan. Senyawa ini sempat menjadi senyawa andalan dalam pembuatan kemasan, namun sifat kimia yang mirip hormon membuat bahan ini dilarang pada beberapa produk seperti botol bayi.

Baca juga: Sering Tak Disadari, Inilah Beberapa Makanan Yang Dapat Memicu Kanker Payudara

Kandungan BPA berbeda pada masing-masing jenis makanan. Namun beberapa jenis makanan kaleng rupanya memiliki implikasi besar pada kandungan BPA dalam urin, seperti jenis sup, pasta, sayuran, dan buah.

Meski pihak BPOM Amerika Serikat (FDA) mengizinkan penggunaan BPA dalam kadar tertentu pada kemasan kaleng, namun negara bagian California telah menempatkan senyawa itu dalam racun reproduksi wanita. FDA sendiri masih membahas kepastian penggunaan senyawa tersebut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini Kim Ji Won menjadi pusat perhatian lewat aktingnya dalam drama ‘My Liberation Notes’, terlebih karena visualnya di umur yang ingin meginjak 30 tahun namun tetap tampak muda dan imut....
  • HOT !
    Gucci kembali menunjuk bintang Korea sebagai duta global atau global brand ambassador terbaru yakni IU, yang baru saja tampil memukau di Festival Film Cannes ke 75 dengan gaun koleksinya....
  • HOT !
    Korea Selatan perlahan mulai membuka gerbang dan meringankan peraturan pandemi COVID 19. Terbaru, pemerintah telah membuka wisata ke Pulau Jeju dan Yangyang bebas tanpa visa....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)