home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tingkatkan Industri Wisata, Indonesia Jadi Rumah Terakhir Untuk Penyu!

Senin, 28 Maret 2016 15:20 by reinasoebisono | 2036 hits
Tingkatkan Industri Wisata, Indonesia Jadi Rumah Terakhir Untuk Penyu!
Image source: indonesia.t

DREAMERS.ID - Indonesia diburu bukan hanya dari segi keindahan alamnya yang mampu melepas penat beraktivitas dengan pantai atau laut jernihnya, tapi kekayaan fauna cantik juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan alam. Salah satunya adalah penyu.

Sayangnya, keberadaan penyu kini bukan lagi diburu dalam artian keindahan mata, namun benar-benar diburu dalam arti yang sebenarnya. Padahal, Dreamers, Indonesia menjadi habitat 6 dari 7 spesies yang ada di dunia, lho!

Penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu pipih (Natator depressus), dan penyu tempayan (Caretta caretta) selalu mencari tempat bersarang untuk bertelur setiap musimnya di pantai pasir putih seluruh Indonesia.


Penyu Belimbing, salah satu spesies penyu terbesar yang hidup di Indonesia (CNN)

Telur penyu menjadi salah satu yang paling dicari, karena itu proses berkembang biak binatang laut yang satu ini terancam punah. Mengenai kenapa Indonesia jadi rumah utama para jenis penyu itu, karena Indonesia berada di garis khatulistiwa yang hangat dan diperlukan oleh penyu yang reptil berdarah dingin.

Termasuk sangat langka, telur penyu diburu karena dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pria. Padahal, menurut pakar penyu dari IPB, Mirza Dikari Kusrini, telur penyu tak ubahnya sama dengan telur ayam, sehingga tidak perlu percaya mitos tersebut.

Baca juga: Daftar 19 Negara yang Sudah Boleh Wisata ke Indonesia, Termasuk Korsel

Karena itu, pelestarian penyu telah digalakkan dalam beberapa tahun terakhir seprti membuat konservasi khusus untuk penyu, atau lokasi melihat penyu bertelur atau pelepasan ke laut anak penyu yang disebut tukik agar lebih terorganisir dan mengurangi upaya ilegal.


Aktivitas wisata melihat pelepasan tukik ke laut (CNN)

Lokasi strategis penyu bertelur adalah pasir putih landai yang indah. Biasanya bisa ditmukan di sepanjang pantai Selatan Jawa Barat, pantai Selatan Bali, Alas Purwo di Jawa Timur, Kalimantan hingga Pulau Bintan di Kepulauan Riau yang terkenal dengan pantai cantiknya.

Nah, untuk kamu yang terarik dengan ekowisata penyu, jangan lupa untuk bersikap tenang saat penyu bertelur dan jangan mengganggunya hingga menetas. Jangan lupa untuk mematikan lampu saat mereka bertelur ya. ^^

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)