home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kota Asal Muasal Nama 'Korea' di Korea Utara Ini Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO!

Kamis, 20 Agustus 2015 20:10 by ningcil | 4653 hits
Kota Asal Muasal Nama 'Korea' di Korea Utara Ini Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO!
Image source: news.com.au

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, jika kamu berpikir bahwa di Korea Utara tidak ada objek wisata yang menarik, tunggu dulu! Di negara ‘kembaran’ Korea Selatan ini ada kota Kaesong yang dipilih UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Apa yang istimewa dari kota ini? Rupanya, kota ini punya hubungan yang sangat erat dengan nama Korea sekarang. Hm… kira-kira apa ya?

Kaesong adalah sebuah kota di Provinsi Hwanghae Utara. Kota ini pernah menjadi ibukota Dinasti Koryo yang berlangsung sejak 918 hingga 1392. Dinasti Koryo adalah dinasti yang memberi identitas bagi Korea, sebelum terpecah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan. Dari Dinasti Koryo inilah muncul nama Korea.


Image source: snipview.com

Baca juga: Simak Aturan dan Panduan Baru Liburan ke Korea Selatan Setelah Pandemi

Kota ini mempunyai banyak peninggalan sejarah, di antaranya kuburan raja-raja Korea, benteng tua, hingga sekolah yang berusia 700 tahun. Di kota ini, total ada 12 situs sejarah yang menjadi jantung berdirinya Korea. UNESCO sendiri menilai Kaesong sebagai kota yang bernilai politis, kultural, filosofis, dan spiritual.


Image source: snipview.com

Monumen dan situs-situs bersejarah ini terletak beberapa kilometer dari kawasan industri yang dulu pernah dikelola oleh Korea Utara dan Korea Selatan secara bersama-sama. Namun akibat situasi politis antar kedua negara yang makin memanas, kawasan ini pun ditutup.


Image source: dw.com

Sebelumnya, Kaesong berada di dalam wilayah Korea Selatan. Namun saat Perang Korea terjadi tahun 1950-1953, Kaesong menjadi berada di bawah kendali Korea Utara. Bahkan hingga perang saudara ini selesai, Kaesong masih diduduki Korea Utara. Kaesong pun jadi satu-satunya kota yang berubah kepemilikan akibat perang saudara ini.

(nes) 

Komentar
  • HOT !
    Jaehyun NCT telah terpilih sebagai brand ambassador baru Prada! Sebelumnya pada 19 Juni waktu Italia, Jaehyun menghadiri ‘SS23 Prada Uomo Fashion Show’ yang menampilkan koleksi pakaian pria Spring/Summer 2023 Prada di Milan....
  • HOT !
    Yeji ITZY baru baru ini melakukan wawancara dengan Allure, ia pun berbagi mengenai bagaimana cara ia merawat kulit wajah, terlebih setelah ia melangsungkan debut dan harus memakai makeup sepanjang waktu....
  • HOT !
    KKN di Desa Penari merupakan kisah horor berdasarkan pengalaman nyata dari sekelompok mahasiswa yang viral melalui thread yang dibuat oleh akun @simpleman di tahun 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)