home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Intip Isi Museum Kata Andrea Hirata 'Laskar Pelangi' di Belitung

Jumat, 17 April 2015 15:23 by Dewinn | 5795 hits
Yuk, Intip Isi Museum Kata Andrea Hirata 'Laskar Pelangi' di Belitung
image source : m.monitord

DREAMERSRADIO.COM - Belitung, sebuah kota yang mulai mencuri perhatian banyak wisatawan semenjak populernya novel karangan Andrea Hirata 'Laskar Pelangi'. Belitung dianggap cocok untuk jadi tempat bagi Museum Sastra pertama yang ada di Indonesia.

Museum Kata yang berdiri sejak tahun 2010 dibangun oleh Andrea Hirata sebagai wujud kecintaannya terhadap sastra dan usaha untuk menginspirasa generasi muda agar pantang menyerah dan lebih berani bermimpi.

Museum terletak di Jalan Laskar Pelangi no. 7, desa Gantong, Belitung timur. Suasana dari Novel Laskar Pelangi langsung terasa ketika memasuki museum tersebut. Bangunan rumah tersebut berupa rumah adat Melayu yang sederhana. Ternyata, rumah yang dijadikan museum itu adalah tempat Andrea Hirata tumbuh dan menghabiskan masa kecilnya. lho.


Image source : tripadvisor.com

Ruangan-ruangan di museum ini diberi nama sesuai nama tokoh yang ada di Laskar Pelangi seperti Lindang, Mahar, dan Ikal. Masing-masing ruangan berisi gambar dan cuplikan adegan dari film Laskar pelangi, dan hal-hal yang menggambarkan karakter tokoh tersebut. seperti lintang dan sepedanya sampai gambar tokoh yang menginpirasi Mahar,

Disetiap ruangan kamu juga bisa melihat karya Andrea Hirata, seperti cerpen-.erpen yang belum pernah dirilisnya, hingga cover buku-bukunya dalam berbagai versi. Bahkan puisi patah hati Ikal yang di tujukan pada A Ling juga ada, lho, di museum ini.


Image source : museumkataandreahirata.com

Di Museum terdapat pojok yang berisi gambaran tentang keindahan dan keunikan kota Belitung. Disana juga disediakan temoat untuk pengunjung menulis dan membaca buku koleksi museum. Sampai di bagian paling dalam museum, kamu akan menemukan dapur. Dapur didekorasi menyerupai warung kopi dan menyajikan kopi kuli.


Image source : indonesiakaya.com

Untuk masuk ke museum ini juga tidak di pungut biaya, lho, dreamers. Pada waktu-waktu tertentu museum tersebut pun dijadikan tempat belajar gratis untuk masyarakat sekitar. Tidak heran kalau Museum ini jadi museum yang paling menginspirasi.

Komentar
  • HOT !
    Jaehyun NCT telah terpilih sebagai brand ambassador baru Prada! Sebelumnya pada 19 Juni waktu Italia, Jaehyun menghadiri ‘SS23 Prada Uomo Fashion Show’ yang menampilkan koleksi pakaian pria Spring/Summer 2023 Prada di Milan....
  • HOT !
    Yeji ITZY baru baru ini melakukan wawancara dengan Allure, ia pun berbagi mengenai bagaimana cara ia merawat kulit wajah, terlebih setelah ia melangsungkan debut dan harus memakai makeup sepanjang waktu....
  • HOT !
    KKN di Desa Penari merupakan kisah horor berdasarkan pengalaman nyata dari sekelompok mahasiswa yang viral melalui thread yang dibuat oleh akun @simpleman di tahun 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)