home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Sehat? Berikut Tips Kurangi Beban Kerja Sistem Pencernaan

Selasa, 31 Desember 2013 22:00 by miko | 2268 hits
Ingin Sehat? Berikut Tips Kurangi Beban Kerja Sistem Pencernaan
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh asupan makanan. Nah dari sana, maka beban terberat tubuh terdapat pada sistem pencernaan. Meringankan beban pencernaan tentu akan membantu menjaga kesehatan. Untuk melakukannya pun dapat dilakukan dengan mudah kok.

Dilansir dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, karya Andang Widhawari Gunawan seorang ahli terapi nutrisi memberikan beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kinerja sistem pencernaan:

1. Minum air putih hangat saat bangun tidur
Minum air putih pada bangun tidur dan dicampur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan. Lakukan olahraga ringan secara teratur, misalnya senam pernapasan, jalan kaki, atau lompat tali.

2. Perhatikan Porsi Makan
Lebih baik makan 3 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil, daripada 1 kali tapi dalam porsi berlebihan. Pertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung.

3. Sarapan Pagi
Biasakan makan pagi walaupun hanya dengan sepotong buah atau segelas jus buah segar. Sarapan lengkap 4 sehat 5 sempurna tidak serasi dengan siklus tubuh di pagi hari. Terlalu banyak makan makanan padat akan menguras habis energi tubuh. Akibatnya, tubuh akan cepat lesu dan mengantuk sepanjang pagi.

4. Jangan menahan lapar
Sebaiknya hindari kebiasaan menahan lapar, hanya karena bukan saat jam makan. Makanlah camilan bergizi, seperti buah-buahan.

5. Jangan banyak minum sembari makan.
 Sebaiknya minum segelas jus sayur segar 15 menit sebelum makan dan air putih 1 jam sesudah makan.

Komentar
  • HOT !
    Jisoo BLACKPINK kembali dipilih sebagai duta global untuk sebuah brand ternama. Baru baru ini, idola K Pop itu secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador Cartier!...
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Berbicara tentang skincare pasti tidak akan ada habisnya, setiap orang memiliki kepercayaan dan keyakinan sendiri dalam merawat kulit wajah yang tentunya disesuaikan dengan kondiri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)