home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Situs Arkeologi di Laos ini Berbentuk Seperti Guci!

Rabu, 31 Juli 2013 17:54 by nessamantha | 3361 hits
Unik, Situs Arkeologi di Laos ini Berbentuk Seperti Guci!
dooyoo.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Ada banyak situs arkeologi yang menarik dan unik tersebar di seluruh penjuru dunia. Kebanyakan situs arkeologi terdiri dari bebatuan atau bangunan kuno. Namun ada yang unik dari situs arkeologi yang terletak di Laos ini.

Plain of Jars adalah sebuah situs arkeologi dari zaman megalitikum di Laos. Ribuan  guci megalitik tersebar di dataran Xieng Khouang di Lao PDR. Guci batu ini muncul secara berkelompok, mulai dari satu atau beberapa guci hingga sekitar 100 guci yang tersebar mengelilingi lembah dan dataran tinggi.

Xieng Khouang terletak di sebelah utara Annamese Cordillera, pegunungan utama Indocina. Penelitian tentang Plain of Jars yang dilakukan pada awal 1930-an menyatakan bahwa guci batu ini berhubungan dengan praktek penguburan prasejarah.

Para arkeolog dari Laos dan Jepang pun kemudian mengadakan penggalian. Dari penggalian ini ditemukan sisa-sisa manusia, barang-barang terkubur, dan keramik di sekitar guci batu.

Plain of Jars yang diperkirakan terbentuk pada Zaman Besi ini merupakan situs paling menarik dan penting untuk mempelajari masa prasejarah Asia Tenggara. Situs arkeologi ini bisa menjelaskan hubungan antara masyarakat pada zaman megalitik dan memberikan wawasan tentang struktur organisasi sosial Asia Tenggara pada Zaman Besi.

(nes)

Baca juga: Wah, Vaksin Kini Jadi Masuk Paket Travel untuk Dongkrak Geliat Wisata?

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)