home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Bumbu Jepang Halal Ini Bikin Masakan Lebih Enak

Selasa, 29 Desember 2020 16:50 by RizkiSetiawaan | 482 hits
5 Bumbu Jepang Halal Ini Bikin Masakan Lebih Enak
Image Source: jpnn.com

DREAMERS.ID - Belakangan ini semakin banyak orang yang memperhatikan kehalalan suatu produk, apalagi yang berhubungan dengan makanan. Seperti halnya jika ingin masak makanan ala Jepang. Bumbu menjadi kunci, yang juga penting diketahui kehalalannya.

Melansir Detik, ada beberapa bumbu yang bisa memberikan rasa auntentik pada makanan kamu di rumah yang sudah lolos halal MUI.

Shoyu halal

Meski hanya kecap asin, shoyu adalah bagian penting dalam masakan Jepang. Karenanya, penting untuk mengetahui sebuah masakan menggunakan shoyu halal atau tidak. Kini, sudah ada shoyu halal MUI di Indonesia, yakni yang dikeluarkan oleh Kikkoman Akufood Indonesia.

Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket dan toko daring. Shoyu halal ini pun tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari kemasan sachet hingga jerigen.

Saus manis atau mirin

Selain shoyu, mirin juga merupakan bumbu utama dalam masakan Jepang. Sama seperti shoyu, halal tidaknya mirin juga tergantung kandungan alkohol di dalamnya. Kikkoman juga menjual mirin halal MUI yang dipasarkan dengan nama Saus Manis Khas Jepang. Saus ini bisa digunakan untuk berbagai campuran saus ataupun ditambahkan ke nasi sushi.

Miso

Pasta kedelai satu ini merupakan hasil fermentasi, sehingga sering ada kandungan alkohol di dalamnya. Mirip dengan shoyu halal, miso halal juga mengantongi sertifikat halal MUI karena kandungan alkoholnya memenuhi syarat yang ditentukan sehingga halal dikonsumsi oleh Muslim. Salah satu merek miso halal yang mudah ditemukan di pasaran adalah Enachan.

Saus teriyaki

Salmon, ayam, hingga daging sapi enak dimasak dengan saus teriyaki. Tidak seperti shoyu halal, saus teriyaki halal bisa ditemukan dengan mudah dari berbagai merek. Tidak seperti saus teriyaki asli jepang yang kerap mengandung alkohol, saus teriyaki berlabel halal MUI sudah aman dikonsumsi oleh Muslim.

Saus tartar

Mulai dari ayam nanban, salad, sampai cocolan ebi furai, saus tartar bisa membuat makanan Jepang semakin lezat karena teksturnya yang creamy. Selain membeli saus tartar siap pakai berlogo halal MUI, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cukup campurkan mayones, bawang Bombay cincang, air perasan lemon, dan peterseli cincang. Jangan lupa pastikan bahwa mayones yang digunakan pun halal.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)