home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Cegah Burnout Akibat Terlalu Banyak Kerja

Jumat, 18 Desember 2020 19:30 by SartikaF | 362 hits
Begini Cara Cegah Burnout Akibat Terlalu Banyak Kerja
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Kita sering mendengar bahwa kerja keras adalah kunci kesuksesan. Mungkin sebagian orang ada yang menggemari pekerjaannya hingga dia lupa untuk menghibur dirinya dengan cara berjalan-jalan. Namun perlu kamu ketahui, terlalu keras dalam bekerja dan mengabaikan jadwal istirahat bisa memicu burnout loh.

Burnout merupakan kondisi stres parah yang menyebabkan kelelahan fisik, mental, dan emosional yang parah. Burnout bukan sekadar kelelahan biasanya karena kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya sulit mengatasi stres dan beraktivitas.

Penderita burnout seringkali merasa tak punya energi untuk kembali beraktivitas, bahkan sekadar bangun dari tempat tidur. Mereka juga cenderung memiliki rasa putus asa dan berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, diabetes, dan depresi.

Melansir laman Kompas, ketika rasa lelah mulai muncul, kita harus segera mengambil langkah pencegahan. Berikut ada empat cara dalam mencegah burnout.

1. Tidur yang cukup

Tubuh kita membutuhkan waktu untuk istirahat dan mengatur mengisi kembali energi. Itulah sebabnya, tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Menurut National Sleep Foundation, menghindari kafein sebelum tidur, membuat ritual waktu tidur yang santai, dan menghindari penggunaan ponsel menjelang waktu tidur membantu meningkatkan kualitas tidur kita.

2. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa menjadi antidepresan alami.

Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya omega-3 seperti minyak biji rami, kenari, dan ikan dapat membantu meningkatkan suasana hati.

3. Rutin olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kita, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati kita. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mendapatkan manfaat ini. Sekadar olahraga ringan, seperti jalan kaki, sudah membantu meningkatkan energi dan suasana hati.

4. Tetapkan tujuan kerja

Sering kali, menemukan kembali tujuan kerja kamu dapat membantu menghindari burn out dan menjauhkan stres. Jadi, cobalah untuk mencari makna di setiap hal yang kamu lakukan. Sekali waktu, luangkan waktu untuk menentukan apa tujuan kamu melakoni pekerjaan tersebut.

Jika kamu merasa peran atau karir yang kamu sedang lakukan adalah hal yang salah, cobalah rancang rencana lain yang spesifik. Cari pekerjaan atau karir apa yang cocok sehingga kamu merasa bersemangat dalam melakukannya.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)