home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Membedakan Sakit Tenggorokan karena Flu dan Covid-19

Jumat, 11 Desember 2020 13:30 by RizkiSetiawaan | 738 hits
Begini Cara Membedakan Sakit Tenggorokan karena Flu dan Covid-19
Image Source:health.detik.com

DREAMERS.ID - Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala dari COVID-19. Saat musim hujan, sakit tenggorokan memang menjadi penyakit yang umum terjadi. Karena perubahan cuaca yang tidak menentu mengakibtkan kita menjadi sakit tenggorokan.

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan sakit tenggorokan adalah gejala yang dirasakan pasien COVID-19 selain demam dan batuk. Namun, tidak semua sakit tenggorokan mengindikasikan COVID-19.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan adanya infeksi atau faktor lingkungan, yang menyebabkan rasa sakit, kering maupun gatal di tenggorokan. Mengutip dari Times Of India, berikut 3 perbedaan sakit tenggorokan berdasarkan areanya.

Faringitis, memengaruhi area tepat di belakang mulut.

Tonsilitis, pembengkakan dan kemerahan pada amandel.

Laringitis, pembengkakan yang terjadi di kotak suara atau laring.

Apa saja perbedaan antara sakit tenggorokan flu biasa dengan gejala COVID-19?

Pada pasien COVID-19, virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan yang menyebabkan pembengkakan di area tenggorokan Faringtis atau rasa sakit dan pegal saat terinfeksi virus juga dirasakan pengidap flu biasa.

Walupun mirip, umumnya pasien COVID-19 akan mengalami sakit tenggorokan disertai gejala seperti demam, batuk, dan kelelahan. Apabila hanya merasakan sakit tenggorokan tanpa disertai dengan gejala lainyanya kemungkinan hanya terkena radang tenggorokan atau infeksi lainya selain virus corona.

Jika memiliki gejala COVID-19, perlu dilakukan pemeriksaan melalui tes Corona untuk memastikannya.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)