home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gaya Hidup Sehat yang Sangat Disarankan Bagi Penderita Covid-19

Kamis, 10 Desember 2020 07:30 by SartikaF | 347 hits
Gaya Hidup Sehat yang Sangat Disarankan Bagi Penderita Covid-19
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Setelah beberapa pasien Covid-19 dinyatakan sembuh, menjaga kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Salah satunya mulai mengubah pola makan yang buruk menjadi pola makan yang sehat.

Melansir laman Liputan6.com, Ketua perhimpunan Dokter Spesialis Kadiovaskular Indonesia, Isman Firdaus mengatakan bahwa dari segi makanan, penyintas Covid-19 tetap harus mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. "Tentunya diusahakan ada 5 porsi buah dan sayur," kata Isman dalam dialog dari Graha BNPB, Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Minggu.

Isman juga menyarankan bagi semua masyarakat agar bisa menyelipkan sayur dan buah pada menu makannya sehari-hari. Dokter Spesialis itu juga tak lupa untuk selalu mengatakan bahwa penyintas Covid-19 harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan nutrisi lainnya agar tubuh tetap sehat.

Tak hanya makanan, Isman pun menegaskan bahwa pasien yang sembuh dari Covid-19 harus bisa hentikan diri dari rokok. “Pasien Covid-19 yang tadinya merokok harus rela apabila diwajibkan untuk berhenti merokok”

Menurut Isman, kebiasaan merokok wajib dihentikan karena bisa membuat seseorang terkena Covid-19 untuk kedua kalinya, serta memperburuk kondisi tersebut.

Sementara untuk berolahraga, Isman menyarankan agar penyintas COVID-19 yang baru saja kembali ke rumah usai perawatan, untuk melakukan aktivitas aerobik yang ringan. Hindarilah olahraga yang berintensitas tinggi.

Beberapa olahraga aerobik yang disarankan seperti jalan pagi, bersepeda, atau jalan cepat. Namun, aktivitas fisik dapat mulai ditingkatkan secara bertahap pabila tubuh sudah bisa menyesuaikan diri tanpa terjadi gejala-gejala tertentu.

"Jadi positive thinking, semangat, bahwa kita ini insyaallah baik-baik saja," ujarnya. "Jangan lupa kalau ada alarm gejala seperti kalau sudah sebulan tetapi masih merasa tidak enak, itu cek ke dokter."

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)