home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rencana Vaksin Pfizer & Moderna Akan Dibeli Indonesia

Rabu, 02 Desember 2020 12:30 by RandyW | 618 hits
Rencana Vaksin Pfizer & Moderna Akan Dibeli Indonesia
Image Source: TrenAsia

DREAMERS.ID - Pemerintah Indonesia masih mempertimbangkan bagaimana cara mendistribusikan Vaksin Pfizer dan Moderna secara merata. Saat ini, hanya tersedia distribusi jalur dingin atau rantai dingin 2-8 derajat celcius di Indonesia.

Mengutip dari CNBC, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan pemilihan vaksin yang akan digunakan di dalam negeri merupakan keputusan dari Kementerian Kesehatan.

"Tetapi yang perlu menjadi catatan penting distribusi vaksin itu kan menggunakan distribusi jalur dingin atau rantai dingin, nah di Indonesia ini selama bertahun-tahun sudah terbentuk distribusi 2-8 derajat," ujarnya.

"Jadi ya pasti pemerintah akan memilih vaksin yang bisa distribusi 2-8 derajat. Kalau ada kebijakan lain misalnya distribusi vaksin apakah Pfizer, Moderna ya dimungkinkan tetapi harus menghitung risiko distribusi tadi," kata Erick.

Selain itu, Erick menyebutkan bahwa pendistribusian vaksin ini sangat penting dalam menjaga ketahanan vaksin yang akan disuntikan ke manusia sehingga pertimbangannya harus matang.

"Hal-hal itu ya harus makanya menjadi pertimbangan yang kompleks. Tetapi sudah diputuskan program satu data itu berjalan. Vaksin bantuan pemerintah maupun mandiri memakai satu data. karena kan kompleksitasnya vaksin ini disuntik dua kali. Kalau mereknya tiga macam, kan gak boleh salah suntik," jelasnya.

Dalam acara CEO Networking 2020 (CEON 2020) yang disiarkan secara virtual pada 24 November lalu, Luhut mengatakan BioFarma akan bekerja sama dengan Pfizer untuk pengadaan vaksin.

"Kami bicara akhirnya menyangkut masalah vaksin dan Amerika bersedia membantu vaksin. Dan tadi malam kami sudah follow up dengan vidcall dengan Secretary of Health-nya dia Bob dan dengan Wakil Menteri Budi Sadikin dan juga BPOM. Mereka juga untuk membuat Pfizer kerjasama dengan PT Bio Farma kita. Jadi Indonesia itu menjadi bagian yang baik," jelas Luhut.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Dengan apa yang terjadi di tahun 2020 lalu, tren kesehatan di 2021 sudah diprediksi akan lebih fokus pada kesehatan batin. Pasalnya, selama pandemi Covid 19 yang terjadi sepanjang 2020 telah membuat orang mengalami stres hebat....
  • HOT !
    Sudah tidak heran jika dua selebriti ternama akan kedapatan mengenakan pakaian yang sama di kesempatan berbeda. Kali ini, aktris Kim So Yeon dan Jisoo BLACKPINK terlihat memakai gaun yang sama....
  • HOT !
    Walau banyak hal terhenti akibat pandemi, tidak demikian dengan industri fashion yang tetap berkembang dan mengeluarkan tren baru. Sepanjang tahun 2020 lalu, masih ada karpet merah, challenge unik, hingga fashion show yang berlangsung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : tanakatosi
Cast : paw petclinic and care

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)