home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Makanan yang Sebabkan Jerawat Membandel

Rabu, 02 Desember 2020 08:30 by SartikaF | 529 hits
Deretan Makanan yang Sebabkan Jerawat Membandel
Image source: Wolipop

DREAMERS.ID - Setiap orang pasti tidak ingin memiliki jerawat satupun di wajahnya, apalagi jika jerawat itu susah hilang pasti akan sangat menyebalkan. Banyak sekali faktor yang telah berkontribusi pada timbulnya jerawat, termasuk produksi sebum, bakteri, hormon, peradangan hingga makanan yang salah.

Melansir dari Healthline via CNN Indonesia, berikut adalah beberapa pilihan makanan yang dapat menimbulkan jerawat membandel.

1. Cokelat

Sejak lama, cokelat telah dicurigai sebagai salah satu pemicu jerawat. Sebuah penelitian menemukan, konsumsi cokelat dapat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat

2. Makanan kaya lemak Omega-6

Makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar dapat meningkatkan tingkat peradangan di kulit dan jerawat. Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 ini membuat tubuh mengalami peradangan yang dapat memperburuk jerawat.

Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar di antaranya kacang kenari, kuaci, minyak jagung, minyak kedelai, mayones, almond, dan tahu.

3. Karbohidrat olahan

Orang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada mereka yang tidak berjerawat. Makanan karbohidrat olahan meliputi sereal, pasta yang dibuat dengan tepung terigu, nasi putih, soda dan minuman manis, serta pemanis lainnya.

Sebuah studi menemukan, orang yang sering mengonsumsi gula tambahan berisiko 30 persen lebih besar terkena jerawat. Peningkatan risiko ini disebabkan oleh efek karbohidrat olahan pada gula darah dan kadar insulin.

4. Produk susu

Banyak penelitian menemukan hubungan antara produk susu dan tingkat keparahan jerawat. Namun, hingga saat ini, penelitian masih fokus pada partisipan remaja dan dewasa muda. Penelitian juga hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, tanpa menemukan penyebabnya.

Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

5. Terlalu banyak makan Junk food

Jerawat sangat dipengaruhi oleh pola makan cepat saji yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Sebuah studi menemukan, diet tinggi lemak dapat meningkatkan risiko jerawat hingga 43 persen. Sementara konsumsi makanan cepat saji secara teratur dapat meningkatkan risiko hingga 17 persen.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Kepopuleran musik K Pop membuat seluruh aspek mengenai Korea Selatan menjadi begitu populer di dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya budaya nya saja, kuliner khas Korea pun menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dicari oleh para penggemar K Pop di Indonesia....
  • HOT !
    Setiap penggemar artis atau budaya Korea pasti sudah mengenal jajanan tteokbokki. Yap, kuliner yang biasa dijajakan di pinggir jalan itu menjadi populer salah satunya karena sering muncul di drama Korea. Seperti misalnya di drama True Beauty....
  • HOT !
    LG akhirnya menunjukkan penampilan perdana ponsel layar gulungnya, yang disebut LG Rollable. Teaser tersebut ditampilkan dalam ajang Consumer Electronics Show 2021 pada Selasa (12/1) waktu setempat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)