home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Vaksin Sputnik V, Murah dan Diklaim 95 Persen Ampuh Lawan Covid-19

Jumat, 27 November 2020 16:15 by RandyW | 465 hits
Kenali Vaksin Sputnik V, Murah dan Diklaim 95 Persen Ampuh Lawan Covid-19
Image Source: era.id

DREAMERS.ID - Menurut data terbaru yang dirilis oleh pihak pengembang yang didukung oleh Kremlin, vaksin Sputnik V buatan Rusia diklaim 95 persen mampu melawan Covid-19. Vaksin ini juga menjadi salah satu yang diincar oleh pemerintah Indonesia.

Melansir laman CNN Indonesia, klaim Rusia itu muncul seminggu setelah dua perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Pfizer dan Moderna mengklaim vaksin Covid-19 mereka sudah di atas 94 persen manjur melawan virus corona. 

Berdasarkan laporan dari The Guardian, Rusia juga mengeklaim vaksin Sputnik V memiliki kemanjuran atau efektivitas yang lebih tinggi daripada vaksin asal Inggris Oxford-AstraZeneca karena teknologi yang lebih canggih.

Melalui uji coba tahap tiga pada manusia, vaksin Sputnik V memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi setelah 42 hari pasca dosis pertama diberikan. Sekitar 42 hari kemudian, setelah peneliti melakukan penyuntikan dosis kedua, data menunjukkan efektivitas meningkat hingga 95 persen.

Baca juga: Orang Indonesia Pertama Vaksin COVID-19, Jokowi: Engga Terasa

Kementrian Kesehatan Rusia mengatakan pusat penelitian Gamaleya selaku pengembang, dan Badan Investasi Langsung Rusia (RDIF) secara kompak menyatakan vaksin itu menunjukkan keampuhan 91,4 persen 28 hari setelah dosis pertama dan didapat pada 39 kasus.

Untuk mendapatkan vaksin Sputnik V hanya perlu membayar kurang dari USD 10 atau Rp 142 ribu per orang. Keunggulan lain dari vaksin Sputnik V adalah dapat disimpan di tempat dengan suhu antara 2 hingga 8 derajat Celsius, daripada suhu di bawah nol seperti yang disyaratkan vaksin lain.

Selain Rusia negara lain seperti Uni Emirat Arab, Belarus, maupun Venezuela mengunakan vaksin Sputnik V. Indonesia sendiri sudah melakukan beberapa dialog soal peluang kerja sama soal vaksin covid-19.

"Ada beberapa vaksin yang akan diimpor oleh Indonesia, tapi harus mendapatkan izin penggunaan juga," kata Kepala BPOM Penny K.Lukito, dalam konferensi pers virtual. "Moderna belum (ada diskusi), tetapi Pfizer, AstraZeneca, Sputnik juga sudah (berkomunikasi)," lanjutnya.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Kepopuleran musik K Pop membuat seluruh aspek mengenai Korea Selatan menjadi begitu populer di dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya budaya nya saja, kuliner khas Korea pun menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dicari oleh para penggemar K Pop di Indonesia....
  • HOT !
    Setiap penggemar artis atau budaya Korea pasti sudah mengenal jajanan tteokbokki. Yap, kuliner yang biasa dijajakan di pinggir jalan itu menjadi populer salah satunya karena sering muncul di drama Korea. Seperti misalnya di drama True Beauty....
  • HOT !
    LG akhirnya menunjukkan penampilan perdana ponsel layar gulungnya, yang disebut LG Rollable. Teaser tersebut ditampilkan dalam ajang Consumer Electronics Show 2021 pada Selasa (12/1) waktu setempat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)